Hayati, Nofisatul
(2019)
Dampak Buku Ajar IPA Terpadu Bermuatan Literasi Saintifik Tema Kesehatan Pencernaan dalam Model Pembelajaran Kontekstual Adaptif pada Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 7 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kurikulum 2013 menekankan pada peningkatan dan keseimbangan antara
soft skill dan hard skill. Pengembangan kurikulum dilakukan untuk menjawab
tantangan abad ke-21. Pemerintah Indonesia berupaya meningkatkan hasil belajar
siswa dengan mengembangkan literasi sekolah dan pembelajaran IPA secara
terpadu di SMP. Kondisi nyata di sekolah menunjukkan bahwa guru masih
mengalami kesulitan dalam menerapkan keterpaduan antara materi Fisika, Biologi
dan Kimia pada proses pembelajaran. Hal ini terlihat dengan masih rendahnya
hasil belajar siswa. Salah satu solusi dari masalah ini adalah menerapkan buku
ajar IPA Terpadu bermuatan literasi saintifik tema kesehatan pencernaan dalam
pembelajaran kontekstual adaptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki
dampak buku ajar IPA terpadu bermuatan literasi saintifik tema kesehatan
pencernaan dalam model pembelajaran kontekstual adaptif pada hasil belajar
siswa kelas VIII SMPN 7 Padang.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan Randomized ControlGroup
Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di
SMPN 7 Padang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster
Random Sampling. Instrumen penelitian terdiri atas lembar observasi untuk aspek
sikap, tes tertulis untuk aspek pengetahuan dan lembar penilaian kinerja untuk
aspek keterampilan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik
deskriptif dan uji dua perbandingan rata-rata.
Hasil hipotesis menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa yang
menggunakan buku ajar IPA terpadu bermuatan literasi saintifik tema kesehatan
pencernaan dengan siswa yang tidak menggunakannya. Hasil belajar siswa dapat
dikaji dalam tiga aspek belajar. Adapun ketiga aspek tersebut adalah aspek
pengetahuan, aspek sikap dan aspek keterampilan. Hal ini mengindikasikan
penggunaan buku ajar IPA terpadu bermuatan literasi saintifik tema kesehatan
pencernaan dalam model pembelajaran kontekstual adaptif memberikan dampak
yag berarti pada hasil belajar siswa. Guru dan siswa dapat mengintegrasikan buku
ajar IPA terpadu sebagai alternatif dalam pembelajaran IPA.
Actions (login required)
|
View Item |