Pengaruh Penerapan Discovery Learning terhadap Pencapaian Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika Kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP

Putri, Indri Shovyana (2019) Pengaruh Penerapan Discovery Learning terhadap Pencapaian Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika Kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_INDRI_SHOVYANA_PUTRI_15033032_731_2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu tuntutan pembelajaran menurut Kurikulum 2013 yaitu pembelajaran lebih diarahkan agar guru membimbing siswa untuk ‘mencari tahu’ melalui penerapan berbagai model pembelajaran yang berorientasi pada pendekatan scientific. Kenyataannya masih banyak guru yang cenderung memberi tahu materi pembelajaran dengan pembelajaran didominasi oleh metode ceramah sehingga berdampak pada hasil belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Discovery Learning terhadap hasil belajar fisika siswa. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas X SMA Semester Juli-Desember Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu dengan rancangan Posttest Only Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling, diperoleh kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian berupa hasil belajar aspek pengetahuan dan keterampilan. Instrumen penilaian aspek pengetahuan berupa posttest dan aspek keterampilan berupa rubrik lembaran penilaian unjuk kerja. Instrument yang digunakan telah memenuhi validitas dan reliabilitas melalui uji coba. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif. Untuk mendeskripsikan data yang diperoleh terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas untuk uji kesamaan rata-rata dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 82 lebih tinggi dari nilai rata-rata pada kelas kontrol yaitu sebesar 76,72. Hasil tes unjuk kerja kelas eksperimen (84) juga lebih besar daripada kelas kontrol (80,24). Hasil uji t pada taraf alfa 5% pada kompetensi pengetahuan menunjukkan harga t hitung (2,28) lebih besar dibandingkan t tabel (1,71). Hasil ini menunjukkan perbedaan data hasil penelitian tersebut merupakan akibat perbedaan perlakuan. Berdasarkan hasil analisisi regresi dan korelasi linier sederhana antara skor LKS (X) dan skor rata-rata hasil belajar (Y 1 ) dan skor ratarata unjuk kerja (Y 2 ) diperoleh nilai r xy 0,45 dan yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan Discovery Learning sebesar 20,25% terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak lengkung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutra, AmaliUNSPECIFIED
CorrectorKamus, ZulhendriUNSPECIFIED
CorrectorAfrizon, RenolUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Pembelajaran Fisika
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 06 Sep 2024 07:26
Last Modified: 06 Sep 2024 07:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53868

Actions (login required)

View Item View Item