Pembuatan Aplikasi Analisis Tes pada Pembelajaran Fisika Berbantuan Bahasa Pemograman PHP

Putri, Fozza Andresta (2019) Pembuatan Aplikasi Analisis Tes pada Pembelajaran Fisika Berbantuan Bahasa Pemograman PHP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_FOZZA_ANDRESTA_PUTRI_1305727_116_2019.pdf

Download (594kB) | Preview

Abstract

Pentingnya evaluasi hasil belajar di sekolah merupakan salah satu bentuk dari indikator perubahan kurikulum demi tercapainya keberhasilan implementasi kurikulum 2013. Proses evaluasi sering dilakukan pada segi pengetahuan agar tes hasil belajar dapat digunakan sebagai alat evaluasi. Tes yang digunakan dalam proses evaluasi hasil belajar adalah tes yang dibuat oleh pendidik itu sendiri atau berasal dari buku panduan pendidik dan bank-bank soal. Tes tersebut harus memiliki validitas, reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran dan aspek pengecoh yang baik. Dari hasil wawancara terhadap beberapa orang pendidik, ditemukan bahwa tes yang digunakan belum diketahui validitas, reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran dan aspek pengecohnya. Hal ini disebabkan karena pendidik belum memiliki software pengolah data tes yang praktis baik dari segi kemudahan penggunaan dan efisiensi terhadap waktu. Untuk itu, peneliti membuat aplikasi tes yang valid dan praktis untuk diaplikasikan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development/ R&D, dimana model penelitian dan pengembangan yang diapakai merupakan model penelitian dan pengembangan Sugiyono. Penelitian R&D merupakan suatu metode penelitian yang bertujuan untuk menguji validitas dan praktikalitas suatu produk. Dalam penelitian ini produk yang akan diuji validitas dan praktikalitasnya adalah aplikasi analisis tes pada pembelajaran fisika berbantuan bahasa pemograman PHP. Subjek penelitian terdiri dari 3 orang dosen Fisika sebagai validator, dan 3 orang guru Fisika sebagai praktisi. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yaitu nilai validasi aplikasi analisis tes, nilai uji kepraktisan aplikasi analisis tes. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri dari teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis hasil validitas dan praktikalitas menggunakan skala likert yang dikonversi menjadi rentangan 1 sampai 5. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah dihasilkannya aplikasi analisis tes pada pembelajaran fisika berbantuan bahasa pemograman PHP yang sangat valid dengan rata-rata 81 dan sangat praktis menurut pendidik dengan rata-rata 88,8.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGusnedi, GusnediUNSPECIFIED
CorrectorYohandri, YohandriUNSPECIFIED
CorrectorKamus, ZulhendriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Pembelajaran Fisika, PHP
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 06 Sep 2024 07:24
Last Modified: 06 Sep 2024 07:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53866

Actions (login required)

View Item View Item