Pengaruh Strategi Metakognitif dalam Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Pencapaian Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMAN 4 Padang

Fitri, Anisa Dwita (2019) Pengaruh Strategi Metakognitif dalam Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Pencapaian Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMAN 4 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_ANISA_DWITA_FITRI_15033054_534_2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu permasalahan yang dihadapai dalam pembelajaran fisika di SMA adalah siswa kurang mampu memecahkan berbagai masalah dalam pembelajaran, sehingga hasil belajar fisika siswa masih rendah. Dewasa ini, telah banyak upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, diantaranya dengan memaksimalkan model, metode ataupun strategi pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berfikir kritis siswa dalam memecahkan masalah adalah strategi metakognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan srategi metakognitif dalam pembelajaran berbasis masalah terhadap pencapaian hasil belajar fisika siswa di SMA. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMAN 4 Padang pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini termasuk kedalam jenis eksperimen semu (Quasi Experiment Research) dengan rancangan Posttest Only Control Group Design. Sebagai populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 4 Padang. Teknik pengambilan sampel adalah Purposive Sampling yang dilanjutkan dengan Cluster Random Sampling dan diperoleh kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Data penelitian berupa data hasil belajar siswa yang didapat melalui instrumen dalam bentuk posttest pada aspek pengetahuan. Instrumen yang digunakan telah memenuhi validitas dan realibilitasnya melalui uji coba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 62,72 lebih tinggi dari nilai rata-rata posttest kelas kontrol yaitu 55,34. Hasil uji t pada taraf alfa 5% menunjukkan bahwa nilai t hitung (2,00)>t tabel (1,99) sehingga didapatkan kesimpulan bahwa perbedaan nilai itu disebabkan karena perbedaan perlakuan. Dari hasil regresi linear sederhana dan korelasi terhadap data penggunaan LKS dan posttest pada kelas eksperimen diperoleh nilai r xy , sebesar 0,623 artinya terdapat 38,81% pengaruh penerapan strategi metakognitif terhadap pencapaian hasil belajar siswa, sedangkan 61,19% lagi dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutra, AmaliUNSPECIFIED
CorrectorAkmam, AkmamUNSPECIFIED
CorrectorGusnedi, GusnediUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Metakognitif, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 06 Sep 2024 07:23
Last Modified: 06 Sep 2024 07:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53864

Actions (login required)

View Item View Item