Nasution, Abdul Rahman Saleh
(2018)
Pengaruh Buku Siswa IPA Terpadu Tipe
Connected Bermuatan Karakter dengan Tema
Fluida Darah Terhadap Hasil Belajar Siswa
Kelas VIII SMP 8 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Tuntutan kurikulum 2013, pembelajaran IPA di SMP dilakukan secara
terpadu. Pembelajaran IPA terpadu merupakan pembelajaran yang mencoba
memadukan beberapa pokok bahasan dari berbagai bidang kajian Fisika, Biologi
dan Kimia. Hasil observasi dan wawancara didapatkan kenyataan bahwa IPA
diajarkan secara terpisah-pisah dan dari analisis buku materi IPA belum sesuai
dengan tuntutan kurikulum. Pada kondisi tersebut didapat hasil belajar IPA siswa
secara klasikal belum tuntas. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu
bahan bacaan yang memuat keterpaduan. Bahan bacaan berupa Buku Siswa IPA
Terpadu tipe connected bermuatan karakter dengan tema fluida darah, dengan
nilai praktikalitas 82,1 dari respon peserta didik dan 88,3 dari respon guru dengan
kriteria masing-masing respon taitu sangat praktis. Tujuan penelitian ini adalah
untuk menyelidiki pengaruh Buku Siswa IPA Terpadu tipe connected bermuatan
karakter dengan tema fluida darah terhadap Hasil Belajar siswa kelas VIII SMPN
8 Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian semu (quasi experimental research).
Bentuk rancangan penelitian yang akan digunakan adalah Posttest-only
nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas VIII SMPN 8 Padang yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2017/2018.
Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan teknik purposive sampling.
Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII.D sebagai kelas eksperimen dan
Kelas VIII.E sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing kelas 32 siswa.
Data pada penelitian ini dianilisis dengan menggunakan analisis deskriptif, uji
kesamaan dua rata-rata dan uji-t.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan dua hasil
penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pengetahuan pada
kelas eksperimen adalah 84,84 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu
80,78. Hasil uji-t diperoleh hasil pelajaran memiliki t’ > t
. Hasil rata-rata
keterampilan pada kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 84,03 lebih tinggi
dibandingkan kelas kontrol yaitu 80,4. Hasil uji-t diperoleh hasil belajar memiliki
t
hitung
>t
tabel
l
dengan perbedaan kemampuan siswa signifikan pada taraf signifikan
0,05. Penggunaan buku siswa IPA terpadu tipe connected bermuatan karakter
dengan tema fluida darah memberikan pengaruh yang berarti pada kompetensi
pengetahuan dan keterampilan pada kelas eksperimen dan kontrol. Dengan
demikian, pada penggunaan buku siswa IPA terpadu tipe connected bermuatan
karakter dengan tema fluida darah memberikan kontribusi yang lebih besar
terhadap hasil belajar peserta didik daripada buku IPA yang digunakan di sekolah.
Actions (login required)
|
View Item |