Pengaruh Buku Siswa IPA Terpadu Tipe Connected Bermuatan Karakter dengan Tema Fluida Darah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP 8 Padang

Nasution, Abdul Rahman Saleh (2018) Pengaruh Buku Siswa IPA Terpadu Tipe Connected Bermuatan Karakter dengan Tema Fluida Darah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_ABDUL_RAHMAN_SALEH_NASUTION_14033072_221_2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tuntutan kurikulum 2013, pembelajaran IPA di SMP dilakukan secara terpadu. Pembelajaran IPA terpadu merupakan pembelajaran yang mencoba memadukan beberapa pokok bahasan dari berbagai bidang kajian Fisika, Biologi dan Kimia. Hasil observasi dan wawancara didapatkan kenyataan bahwa IPA diajarkan secara terpisah-pisah dan dari analisis buku materi IPA belum sesuai dengan tuntutan kurikulum. Pada kondisi tersebut didapat hasil belajar IPA siswa secara klasikal belum tuntas. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu bahan bacaan yang memuat keterpaduan. Bahan bacaan berupa Buku Siswa IPA Terpadu tipe connected bermuatan karakter dengan tema fluida darah, dengan nilai praktikalitas 82,1 dari respon peserta didik dan 88,3 dari respon guru dengan kriteria masing-masing respon taitu sangat praktis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh Buku Siswa IPA Terpadu tipe connected bermuatan karakter dengan tema fluida darah terhadap Hasil Belajar siswa kelas VIII SMPN 8 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian semu (quasi experimental research). Bentuk rancangan penelitian yang akan digunakan adalah Posttest-only nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 8 Padang yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII.D sebagai kelas eksperimen dan Kelas VIII.E sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing kelas 32 siswa. Data pada penelitian ini dianilisis dengan menggunakan analisis deskriptif, uji kesamaan dua rata-rata dan uji-t. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan dua hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pengetahuan pada kelas eksperimen adalah 84,84 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 80,78. Hasil uji-t diperoleh hasil pelajaran memiliki t’ > t . Hasil rata-rata keterampilan pada kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 84,03 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 80,4. Hasil uji-t diperoleh hasil belajar memiliki t hitung >t tabel l dengan perbedaan kemampuan siswa signifikan pada taraf signifikan 0,05. Penggunaan buku siswa IPA terpadu tipe connected bermuatan karakter dengan tema fluida darah memberikan pengaruh yang berarti pada kompetensi pengetahuan dan keterampilan pada kelas eksperimen dan kontrol. Dengan demikian, pada penggunaan buku siswa IPA terpadu tipe connected bermuatan karakter dengan tema fluida darah memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap hasil belajar peserta didik daripada buku IPA yang digunakan di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRatnawulan, RatnawulanUNSPECIFIED
CorrectorRamli, RamliUNSPECIFIED
CorrectorDewi, Wahyuni SatriaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: IPA, Tipe Connected, Fluida Darah
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 06 Sep 2024 07:23
Last Modified: 06 Sep 2024 07:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53863

Actions (login required)

View Item View Item