Indeks Morfologi Toleran Kekeringan Beberapa Varietas Padi (Oryza sativa. L) Di Sumatera Barat Dengan Metode Standard Evaluasi Sistem (SES)

Mardita, Syauli (2019) Indeks Morfologi Toleran Kekeringan Beberapa Varietas Padi (Oryza sativa. L) Di Sumatera Barat Dengan Metode Standard Evaluasi Sistem (SES). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_SYAULI_MARDITA_14032026_772_2019.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Padi merupakan tanaman pangan penting yang dikonsumsi lebih dari setengah penduduk dunia, namun hampir setiap tahun terjadi penurunan produksi panen padi dilapangan, hal ini tentu disebabkan oleh ketersediaan lahan dan air sebagai sumber utama pertanian. maka dari itu optimalisasi lahan kering sebagai lahan pertanian sangat dibutuhkan, akan tetapi banyak hal yang menjadi perhatian dilahan kering terutama sumber air yang minim. Oleh karena itu diperlukan bibit padi yang sesuai dan adaptif terhadap lahan kering, respon tanaman padi terhadap kekeringan dapat diamati dari perubahan fisiologis, morfologis, dan anatomisnya. Penilitian ini dilaksakan pada bulan agustus hingga desember 2018 yang bertempat di laboratorium penelitian, rumah kawat jurusan biologi dan laboratorium fisiologi tumbuhan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan indeks morfologi toleran kekeringan dari beberapa bibit padi yang terdapat di Sumatera Barat, sehingga dengan didapatkan indeks tersebut maka dapat diketahui bibit padi yang toleran terhadap kekeringan dengan mengamati perubahan morfologi yaitu darejat penggulungan daun (DPD), indeks kering pucuk(IKP), dan recorvry tanaman/tingkat penyembuhan (TP) dengan metode SES(Standard Evaluation System) for rice. Data diolah menggunakan analisis gerombol (cluster analisis) denagn metode analisis hirarki. Hasil yang didapatkan bahwa varietas yang paling tahan terhadap cekaman kekeringan adalah Baroto, kemudian Situ Bagendit, randah Kuniang, dan Harum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorViolita, ViolitaUNSPECIFIED
CorrectorAnhar, AzwirUNSPECIFIED
CorrectorAdvinda, LindaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Indeks Morfologi, Cekaman Kekeringan, Varietas Padi Sumatera Barat
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 06 Sep 2024 07:22
Last Modified: 06 Sep 2024 07:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53861

Actions (login required)

View Item View Item