Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Batusangkar

Z, Ummul Haq (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Batusangkar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_UMMUL_HAQ Z_15031023_3214_2019.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

SMA N 1 Batusangkar merupakan salah satu sekolah yang sudah menerapkan kurikulum 2013. Permasalahan penelitian di SMAN 1 Batusangkar adalah model pembelajaran yang diterapkan guru belum membuat peserta didik cukup aktif sehingga kompetensi belajar peserta didik masih rendah dari aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan serta belum menggunakan model pembelajaran bermuatan literasi sains. Upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran time token bermuatan literasi sains. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model time token bermuatan lite rasi sains terhadap kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik pada perubahan lingkungan dan daur ulang limbah di SMA Negeri 1 Batusangkar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA SMA N 1 Batusangkar yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2018/2019 berjumlah empat kelas. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik Purposive Sampling. Kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Hasil penelitian menggunakan uji-t dapat disimpulkan bahwa pada kompetensi pengetahuan peserta didik nilai t hitung 3,41> t 1,67, pada kompetensi sikap nilai t hitung 5,95> t tabel tabel 1,67, dan pada kompetensi keterampilan nilai t hitung 2,34> t 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model time token bermuatan literasi sains pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik kelas X SMA N 1 Batusangkar. tabel

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyamsurizal, SyamsurizalUNSPECIFIED
CorrectorRahmawati, RahmawatiUNSPECIFIED
CorrectorFuadiyah, Sa'diatulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Time Token, Literasi Sains, Kompetensi Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 06 Sep 2024 07:20
Last Modified: 06 Sep 2024 07:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53855

Actions (login required)

View Item View Item