Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 12 Padang pada Pembelajaran IPA

Arizona, Nesia (2019) Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 12 Padang pada Pembelajaran IPA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_NESIA_ARIZONA_14031091_676_2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemajuan dan perkembangan abad-21 menuntut peserta didik untuk memiliki keterampilan berpikir kritis untuk membekali diri dalam menghadapi perkembangan era globalisasi. Keterampilan berpikir kritis ini sangat diperlukan dalam proses pembelajaran, khususnya pada pembelajaran IPA. Pembelajaran IPA dirancang sangat agar peserta didik menjadi lebih aktif dan membuat IPA lebih bermakna serta dapat berguna untuk meningkatkan kualitas SDM. SMP Negeri 12 Padang sudah melaksanakan pembelajaran IPA secara baik, namun keterampilan berpikir kritis peserta didik belum diketahui. Seberapa besar keterampilan berpikir kritis peserta didik didalam berpikir kritis perlu dinilai/diukur sebagai tolak ukur bagi guru dalam pelaksanaan pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Padang pada pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitia deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 60 orang peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Padang. Data diperoleh melalui teknik tes yang sudah valid dan reliabel berdasarkan hasil uji coba.Penelitian ini menghasilkan data bahwa peserta didik dalam menjawab soal IPA dengan rata-rata nilai pada masing-masing indikator, yang meliputi: memberi pernyataan dasar 47,93% dengan kualifikasi rendah; inferensi 42,62% dengan kualifikasi sangat rendah; menggabungkan 52,78% dengan kualifikasi rendah; memperkirakan 55,56% dengan kualifikasi rendah dan memberikan penjelasan 28.89% dengan kualifikasi sangat rendah.Rata-rata nilai peserta didik berdasarkan kategori tingkat keterampilan berpikir kritis. Rata-rata nilai masing-masing kategori yaitu pada kategori cukup dengan persentase 2,55%, pada kategori rendah dengan persentase 68,30%, pada kategori sangat rendah dengan persentase 33,63%. Kesimpulan peneltian ini adalah tingkat keterampilan berpikir kritis dari masing-masing indikator peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Padang pada kualifikasi sangat rendah dengan persentase rata-rata 44,95%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlberida, HeffiUNSPECIFIED
CorrectorArdi, ArdiUNSPECIFIED
CorrectorYuniarti, ElsaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 06 Sep 2024 07:19
Last Modified: 06 Sep 2024 07:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53849

Actions (login required)

View Item View Item