Febriani, Novia
(2024)
Pengaruh Atraksi Dan Fasilitas Wisata Terhadap Niat Berkunjung Kembali Wisatawan Ke Pantai Air Bangis Kabupaten Pasaman Barat.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan yang berkaitan
dengan employee managemen, yaitu Adanya wisatawan yang tidak tertarik untuk
merekomendasikan Objek Wisata Pantai Air Bangis kepada orang lain karena
kurang beragamnya atraksi wisata, mayoritas wisatawan tidak bersedia untuk
berkunjung kembali ke Objek Wisata Pantai Air Bangis, mayoritas wisatawan
tidak menjadikan Objek Wisata Pantai Air Bangis sebagai pilihan utama untuk
berlibur, kurangnya unsur educational pada Objek Wisata Pantai Air Bangis,
seperti belum adanya wisata budaya dan kurangnya atraksi wisata, terdapat
keluhan dari wisatawan tentang lingkungan yang masih banyak sampah yang
berserakan, sehingga mengganggu keindahan pemandangan pada saat wisatawan
menikmati pantai tersebut, tempat ibadah yang disediakan berupa musholla dalam
segi bagunannya sudah memadai tetapi sangat disayangkan kurang terawatnya
kebersihan airnya, banyaknya fasilitas yang rusak seperti dermaga dan toilet di
Objek Wisata Pantai Air Bangis.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif. Jenis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Populasi penelitian ini
adalah Pengunjung Pantai Air Bangis. Sampel penelitian berjumlah 396 orang
konsumen dengan teknik pengambilan sampel menggunakan non probability
sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner (angket)
dengan skala likert yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya.
Data dari penelitian ini diolah dengan menggunakan SPSS 25.00. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa atraksi berada pada kategori cukup yaitu 3,23,
variabel fasilitas wisata menunjukan kategori cukup dengan persentase 3,26% dan
variabel minat berkujung kembali dengan kategori cukup dengan persentase 3,40.
nilai atraksi (X1) mempunyai Beta atau Standardized Coefficient yaitu 0.158
dengan T hitung (0.3338) dengan signifikan 0.000 <0.05 dengan demikian
variabel atraksi (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat
berkunjung kembali (Y), maka hipotesis pada penelitian fasilitas wisata (X2)
mempunyai Beta atau Standardized Coefficient yaitu 0.312 dengan T hitung
(6.613) dengan signifikansi 0.000 <0.05 dengan demikian variabel fasilitas wisata
(X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali (Y).
Pengaruh atraksi dan fasilitas wisata Terhadap minat berkunjung kembali dengan
Adjusted R Square 0,123 dan pengaruh sebesar 12,3%.
Actions (login required)
|
View Item |