Oktriana, Bella Isda
(2024)
Efektivitas Permainan Roda Putar Terhadap Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Mutiara Agam.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi masih banyak anak yang belum menguasai kemampuan mengenal angka 10-20 sehingga menyebabkan kemampuan anak dalam mengenal angka 10-20 masih rendah seperti anak sulit membedakan angka, anak belum sepenuhnya mampu mengenal bentuk-bentuk angka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas permainan roda putar dalam kemampuan mengenal angka pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Mutiara Agam.
Jenis penelitian menggunakan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dalam bentuk Quasi Eksperiment. Populasi penelitian yaitu seluruh anak di TK Mutiara Agam dan teknik dalam pengambilan sampelnya purposive sampling yaitu kelas B1 dan B2 yang masing-masing berjumlah 15 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, berupa pernyataan dalam lima butir pernyataan. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji pengaruh (effect size).
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bermain roda putar pada kelas eksperimen memiliki pengaruh yang cukup signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol dengan kegiatan menggunakkan kartu angka terhadap kemampuan mengenal angka pada anak di Taman Kanak-kanak Mutiara Agam. Dengan nilai sig (2-tailed) adalah sebesar 0,00 < 0,05. Hasil uji effect size diperoleh nilai d sebesar 0,98 yang artinya nilai d < 1 tergolong pada kategori sedang. Dengan demikian, disimpulkan bahwa kegiatan bermain roda putar terhadap kemampuan mengenal angka pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Mutiara Agam efektif digunakan.
Actions (login required)
|
View Item |