Suryanti, Winda Annisa
(2019)
Hubungan Persepsi Siswa tentang Pengelolaan Kelas
oleh Guru dengan Hasil Belajar Kimia Kelas XI SMA
Negeri 1 2x11 Enam Lingkung.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pengelolaan kelas oleh guru merupakan strategi guru untuk menciptakan
dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan mengembalikannya jika terjadi
gangguan. Saat siswa mengikuti proses pembelajaran dengan penuh motivasi
maka tidak akan menimbulkan persepsi kurang baik dari siswa. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis hubungan antara persepsi siswa tentang pengelolaan
kelas oleh guru dengan hasil belajar kimia kelas XI SMA Negeri 1 2x11 Enam
Lingkung. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu persepsi siswa tentang
pengelolaan kelas oleh guru sebagai variabel X dan hasil belajar kimia sebagai
variabel Y. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapatnya
hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang pengelolaan kelas oleh
guru dengan hasil belajar kimia. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif
yang bersifat korelasional, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas XI IPA SMA Negeri 1 2x11 Enam Lingkung dan pengambilan sampel
penelitian dilakukan dengan teknik simple random sampling yang didapatkan
sebanyak 62 orang siswa. Semua analisis data dalam penelitian ini dilakukan
dengan bantuan SPSS versi 16.0 for windows. Dalam penelitian ini diketahui
hubungan persepsi siswa tentang pengelolaan kelas oleh guru dengan hasil belajar
kimia di SMA Negeri 1 2x11 Enam Lingkung berada pada kategori cukup. Hasil
penelitian diperoleh harga koefisien korelasi hubungan persepsi siswa tentang
pengelolaan kelas oleh guru dengan hasil belajar kimia sebesar 0,755, dimana
harga r
tabel
= 0,4158, karena r
hitung
> r
maka dapat disimpulkan bahwa
terdapat hudungan antara persepsi siswa tentang pengelolaan kelas oleh guru
dengan hasil belajar kimia kelas XI SMA Negeri 1 2x11 Enam Lingkung.
Actions (login required)
|
View Item |