Sawitri, Yolly
(2019)
Pengaruh Bahan Ajar IPA Tema Kesehatan Pencernaan Kita Bermuatan Literasi Saintifik Dalam Pendekatan Saintifik Terhadap Kompetensi Siswa Kelas VIII SMPN 25 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pada abad ke-21 dibutuhkan keterampilan literasi. Pemerintah mendorong
Gerakan Literasi Sekolah (GLS) untuk lebih meningkatkan literasi siswa.
Pembelajaran IPA dalam Kurikulum 2013 dilaksanakan secara terpadu dan
terintegrasi literasi saintifik dan memiliki konteks. Fakta yang terjadi di lapangan,
keterpaduan dalam buku teks IPA masih rendah dan literasi yang diterapkan baru
literasi membaca saja. Solusi dari masalah ini adalah dengan menggunakan Bahan
Ajar IPA tema kesehatan pencernaan kita bermuatan literasi saintifik dalam
pendekatan saintifik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan
pengaruh penggunaan bahan ajar IPA bermuatan literasi saintifik dalam
pendekatan saintifik terhadap kompetensi siswa kelas VIII SMPN 25 Padang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Eksperimen semu dengan desain
penelitian Posttest-Only Nonequivalent Control Group Design. Teknik
pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dan Cluster Random
Sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data terdiri atas lembar test tertulis
dari aspek pengetahuan, lembar observasi dari aspek sikap dan lembar penilaian
kinerja dari aspek keterampilan. Data dari penelitian dianalisis dengan analisis
statistik deskriptif dan uji perbandingan dua rata-rata.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan data untuk
kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Hasil analisis kompetensi sikap,
pengetahuan dan keterampilan menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan
diterima pada taraf signifikan 0,05. Hasil analisis menunjukkan bahwa
penggunaan bahan ajar IPA memberikan pengaruh yang berarti pada kompetensi
sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa kelas VIII SMPN 25 Padang pada
taraf kepercayaan 95%. Hasil ini baik diterapkan kepada siswa dalam pendekatan
ilmiah.
Actions (login required)
|
View Item |