Perkembangan Bahasa Anak Dalam Pembelajaran Daring di Taman Kanak-Kanak Karya Koto Tangah Kota Padang (Kualitatif Deskriptif)

Kurti, Anastasyia (2024) Perkembangan Bahasa Anak Dalam Pembelajaran Daring di Taman Kanak-Kanak Karya Koto Tangah Kota Padang (Kualitatif Deskriptif). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_ANASTASYIA_KURTI_17022002_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya perkembangan bahasa anak usia dini dalam proses pembelajaran daring di Taman Kanak-Kanak Karya Koto Tangah Kota Padang memiliki bentuk kegiatan pembelajaran dalam mengembangkan bahasa anak yang disesuaikan dengan kondisi covid-19 saat ini. Hal ini diharapkan agar anak tetap berkembang bahasanya meski bukan dengan proses pembelajaran tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana perkembangan bahasa anak di Taman Kanak-kanak Karya Koto Tangah Kota Padang selama proses pembelajaran daring. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Untuk melihat bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran daring dalam mengembangkan bahasa anak di Taman Kanak-Kanak Karya Kota Tangah Kota Padang. Subyek penelitian adalah kepala sekolah dan guru kelas B3 di Taman Kanak-Kanak Karya Koto Tangah Kota Padang . Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dilakukan melalui yaitu: 1) Reduksi data, 2) Penyajian data (data display), 3) Penarikan Kesimpulan (conclusion drawing). Sedangkan teknik keabsahan data yang digunakan yaitu: 1) Kepercayaan, 2) Kepastian. Hasil penelitian secara umum menujukkan bahwa pembelajaran daring dalam mengembangkan perkembangan bahasa anak di Taman Kanak-Kanak Karya Koto Tangah Kota Padang guru telah mempersipakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian dan setelah itu dijadikan dalam bentuk kegiatan pembelajaran daring yang dibantu oleh orang tua dirumah melalui metode yang bervariasi dimulai dari metode bercerita melalui pembiasaan, bernyanyi, peragaan dan pemberian tugas. Sehingga hal ini membantu anak dalam tetap mengembangkan bahasanya meskipun dalam proses pembelajaran daring. Bentuk penilaian yang dilakukan oleh pihak sekolah dilakukan setiap hari melalui video anak yang sedang bercerita, bernyanyi, melakukan peragaan serta melalui tugas yag dikumpulkan.Cara guru memperhatikan perkembangan bahasa anak yaitu melalui perkembangan kosa kata anak setiap harinya serta hasil dari tugas yang diberikan oleh guru dan dilakukan rekap penilaian setiap minggunya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYulsyofriend, YulsyofriendUNSPECIFIED
CorrectorMuryanti, EliseUNSPECIFIED
CorrectorWirman, AsdiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 29 Aug 2024 03:23
Last Modified: 29 Aug 2024 03:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53680

Actions (login required)

View Item View Item