Afrasti, Putri
(2019)
Studi Komparasi Kompetensi Siswa Sebelum dan Sesudah Penggunaan Bahan Ajar IPA Terpadu Bermuatan Tema Kesehatan Pencernaan Kelas VIII SMPN 8 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pembelajaran IPA di SMP/MTs dalam kurikulum 2013 dilakukan secara
terpadu mencakup Fisika, Kimia, Biologi, dan aplikasinya. Keterpaduan dalam
pembelajaran IPA dimaksudkan agar pembelajaran lebih bermakna, efektif, dan
efisien. Proses pembelajaran IPA terpadu saat ini masih belum sesuai dengan
kondisi yang diharapkan. Solusi dari masalah adalah menggunakan bahan ajar
IPA terpadu bermuatan literasi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui
pengaruh penggunaan bahan ajar IPA Terpadu bermuatan literasi tema kesehatan
pencernaan dalam pendekatan saintifik terhadap kompetensi siswa kelas VIII
SMPN 8 Padang.
Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment Research dengan before-after
design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMPN 8 Padang Tahun
Ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian adalah kelas VIII D yang diperoleh
dengan teknik Purposive Sampling dan Cluster Random Sampling. Instrumen
penelitian untuk kompetensi pengetahuan adalah tes tertulis berbentuk pilihan
ganda, kompetensi keterampilan adalah lembar penilaian kinerja dan kompetensi
sikap adalah lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis
statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji perbandingan berkorelasi
dan uji wilcoxon.
Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan
kompetensi siswa sebelum dan sesudah penggunaan bahan ajar IPA terpadu
bermuatan literasi tema kesehatan pencernaan kelas VIII di SMPN 8.
Kesimpulannya yaitu penerapan bahan ajar IPA Terpadu bermuatan literasi tema
kesehatan pencernaan memberikan pengaruh terhadap ketiga aspek kompetensi
siswa kelas VIII di SMPN 8 Padang Padang pada taraf kepercayaan 95 %.
Kompetensi tersebut meliputi pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
Actions (login required)
|
View Item |