Pengembangan Bahan Ajar Interaktif dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Nilai-nilai Karakter pada Materi Hukum Newton di Kelas X SMA/MA

Risma, Mutia (2019) Pengembangan Bahan Ajar Interaktif dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Nilai-nilai Karakter pada Materi Hukum Newton di Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_MUTIA_RISMA_15033007_96_2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang bahwa pembelajaran Fisika perlu dilengkapi dengan suatu media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat peserta didik untuk belajar. Selain itu, penggunaan pendekatan saintifik sesuai tuntutan Kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran belum dilaksanakan secara maksimal. Kurikulum 2013 menghendaki adanya peningkatan kompetensi peserta didik pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penggunaan bahan ajar interaktif yang dapat mendukung proses pembelajaran Fisikamenjadi salah satu solusi yang dianggap tepat dimana materi pembelajaran disajikan dalam langkah-langkah pendekatan saintifik dan memuat nilai-nilai karakter. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar interaktif dengan pendekatan saintifik bermuatan nilainilai karakter pada materi hukum newton tentang gerak dan hukum newton tentang gravitasi yang valid dan praktis. Prosedur penelitian yang dilakukan berpedoman kepada langkah-langkah penelitian dan pengembangan (Research and Development) menurut Sugiyono. Tahap-tahap yang dilakukan pada penelitian ini, yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, dan (5) revisi desain. Uji kelayakan yang dilakukan berupa uji validitas oleh 3 orang dosen Fisika FMIPA UNP sebagai validator dan uji praktikalitas oleh 3 orang guru serta 25 orang peserta didik sebagai praktisi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen validitas dan praktikalitas yang kemudian dianalisis menggunakan skala Likert. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dihasilkan poduk berupa bahan ajar interaktif dengan pendekatan saintifik bermuatan nilai-nilai karakter pada materi hukum newton tentang gerak dan hukum newton tentang gravitasi. Produk yang telah dibuat dinilai sangat valid dari aspek penilaian substansi materi, tampilan, komponen bahan ajar, dan pemanfaatan softwareserta valid untuk aspek penciri bahan ajar interaktifdengan persentase nilai rata-rata sebesar 83,8 %. Produk yang telah dibuat juga dinilai sangat praktis baik oleh guru maupun peserta didik dengan persentase nilai rata-rata yang diberikan oleh guru sebesar 88,3% dan persentase nilai rata-rata yang diberikan oleh peserta didik juga sebesar 88,3 %. Hal ini berarti bahwa bahan ajar interaktif dengan pendekatan saintifik bermuatan nilai-nilai karakter yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar Interaktif, Saintifik, Hukum Newton
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 29 Aug 2024 01:51
Last Modified: 29 Aug 2024 01:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53659

Actions (login required)

View Item View Item