Sari, Eci Verwita
(2019)
Pengaruh Pemberian Spelling Puzzle dengan Model Problem Based Learning Terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa IPA Kelas VII Materi Pemanasan Global dan Lapisan Bumi SMP Negeri 12 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Media pembelajaran merupakan alat yang digunakan untuk menyampaikan
pesan pembelajaran kepada peserta didik. Dalam menggunakan alat atau media
pembelajaran di butuhkan suatu model pembelajaran agar pesan sampai kepada
siswa dengan jelas. Spelling puzzle merupakan media pembelajaran sederhana
yang melatih kemampuan berfikir siswa dan meningkatkan sikap sosial antara
peserta didik. Pemanasan global dan lapisan bumi merupakan materi yang di
butuhkan kemampuan berfikir siswa dalam memahami konsep dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu media yang dapat digunakan dalam
memahami konsep materi tersebut adalah spelling puzzle. Adapun tujuan
penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Pemberian Spelling Puzzle dengan
Model Problem Based Learning terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa IPA
Kelas VII Materi Pemanasan Global dan Lapisan Bumi SMP Negeri 12 Padang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan
pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh
peserta didik kelas VII SMP Negeri 12 Padang tahun ajaran 2017/2018. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Data
penelitian adalah hasil belajar peserta didik pada kompetensi sikap, pengetahuan,
dan keterampilan. Instrumen penelitian lembar penilaian diri untuk mengukur
kompetensi sikap, tes awal dan tes akhir untuk mengukur kompetensi
pengetahuan, dan lembar penilaian unjuk kerja untuk mengukur kompetensi
keterampilan. Data penelitian dianalisis dengan uji kesamaan dua rata-rata.
Dari hasil analisis data untuk ketiga kompetensi siswa setelah menggunakan
spelling puzzle dengan model Problem Based Learning diperoleh hasil sebagai
berikut: 1) nilai rata-rata hasil belajar fisika pada kompetensi sikap mengalami
peningkatan secara kontinu, 2) nilai rata-rata hasil pretest IPA pada kedua kelas
sampel 65 dan 62,07 dan hasil dari posttest kedua kelas sampel 82,76 dan 75,86
untuk kompetensi pengetahuan, 3) nilai rata-rata hasil belajar IPA pada kedua
kelas sampel 84,90 dan 80,79 untuk kompetensi keterampilan. Dari uji U MannWhitney,
diperoleh -Zt≤Zh≤Zt sehingga hipotesis alternatif diterima untuk
kompetensi pengetahuan, sedangkan untuk kompetensi keterampilan dari uji
Uman Whitney hipotesis alternatif diterima. Berdasarkan uji yang telah dilakukan
di peroleh kesimpulan bahwa terdapatapengaruh yang signifikan pemberian
spelling puzzle dengan model problem based learning terhadap pencapaian
kompetensi IPA kelas VII materi pemanasan global dan lapisan bumi SMPN 12
Padang.
Actions (login required)
|
View Item |