Analisis Butir Soal Tipe Multiple Choices Questions (MCQ) Ujian Akhir Semester Genap Biologi Kelas XI SMA Negeri se-Kecamatan IV Jurai Tahun Pelajaran 2017/2018

Syafti, Nadya Khairiyah (2019) Analisis Butir Soal Tipe Multiple Choices Questions (MCQ) Ujian Akhir Semester Genap Biologi Kelas XI SMA Negeri se-Kecamatan IV Jurai Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_NADYA_KHAIRIYAH_SYAFTI_15031113_510_2019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian di SMAN se-Kecamatan IV Jurai yaitu hasil ujian akhir semester di SMA Negeri se-Kecamatan IV Jurai yang rendah membuat banyak siswa tidak mencapai KKM, dikarenakan adanya faktor internal dan faktor eksternal. Penelitian bertujuan mengetahui kualitas butir soal tipe multiple choices question (mcq) ujian akhir semester genap biologi kelas XI SMA negeri sekecamatan IV jurai tahun pelajaran 2017/2018 dilihat dari analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel untuk penelitian ini adalah tekhnik total sampling, semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Populasi penelitian adalah satu set soal ujian akhir semester genap mata pelajaran biologi kelas XI IPA tahun pelajaran 2017/2018 di SMA Negeri se-Kecamatan IV Jurai dan seluruh lembar jawaban siswa (408 lembar). Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan Anates V4.0.9, sedangkan untuk analisis kualitatif dilaksanakan dengan tabel telaah. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh bahwa ditinjau dari aspek: 1) validitas dari segi konten ilmu, segi konstruksi dan bahasa belum terpenuhi semua aspek serta aspek validitas empirik paket A, 42,5% soal sudah valid dan validitas empirik paket B, 35% soal sudah valid, 2) reliabilitas paket A, tes memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,73 dan nilai reliabilitas paket B sebesar 0,70 tergolong pada kategori tinggi, 3) daya beda paket A baik sedangkan daya beda paket B baik, 4) tingkat kesukaran paket A baik dan paket B baik, 5) fungsi pengecoh paket A, kualitas opsi pengecoh yang tidak berkualitas adalah 37% dan yang berkualitas adalah 63% dan paket B kualitas opsi pengecoh yang tidak berkualitas adalah 31% dan yang berkualitas adalah 69%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyamsurizal, SyamsurizalUNSPECIFIED
CorrectorRahmawati, RahmawatiUNSPECIFIED
CorrectorSelaras, Ganda HijrahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis Butir Soal, UAS, Biologi, Anates V4.0.9
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 28 Aug 2024 07:08
Last Modified: 28 Aug 2024 07:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53641

Actions (login required)

View Item View Item