Syafti, Nadya Khairiyah
(2019)
Analisis Butir Soal Tipe Multiple Choices Questions (MCQ) Ujian Akhir Semester Genap Biologi Kelas XI SMA Negeri se-Kecamatan IV Jurai Tahun Pelajaran 2017/2018.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Permasalahan penelitian di SMAN se-Kecamatan IV Jurai yaitu hasil ujian
akhir semester di SMA Negeri se-Kecamatan IV Jurai yang rendah membuat
banyak siswa tidak mencapai KKM, dikarenakan adanya faktor internal dan faktor
eksternal. Penelitian bertujuan mengetahui kualitas butir soal tipe multiple choices
question (mcq) ujian akhir semester genap biologi kelas XI SMA negeri sekecamatan
IV
jurai
tahun
pelajaran
2017/2018
dilihat
dari
analisis
secara
kualitatif
dan
kuantitatif.
Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel
untuk penelitian ini adalah tekhnik total sampling, semua anggota populasi
dijadikan sebagai sampel. Populasi penelitian adalah satu set soal ujian akhir
semester genap mata pelajaran biologi kelas XI IPA tahun pelajaran 2017/2018 di
SMA Negeri se-Kecamatan IV Jurai dan seluruh lembar jawaban siswa (408
lembar). Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan Anates V4.0.9,
sedangkan untuk analisis kualitatif dilaksanakan dengan tabel telaah.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh bahwa ditinjau
dari aspek: 1) validitas dari segi konten ilmu, segi konstruksi dan bahasa belum
terpenuhi semua aspek serta aspek validitas empirik paket A, 42,5% soal sudah
valid dan validitas empirik paket B, 35% soal sudah valid, 2) reliabilitas paket A,
tes memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,73 dan nilai reliabilitas paket B sebesar
0,70 tergolong pada kategori tinggi, 3) daya beda paket A baik sedangkan daya
beda paket B baik, 4) tingkat kesukaran paket A baik dan paket B baik, 5) fungsi
pengecoh paket A, kualitas opsi pengecoh yang tidak berkualitas adalah 37% dan
yang berkualitas adalah 63% dan paket B kualitas opsi pengecoh yang tidak
berkualitas adalah 31% dan yang berkualitas adalah 69%.
Actions (login required)
|
View Item |