Hubungan Motivasi Intrinsik dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 11 Padang

Akbar, Ilham (2019) Hubungan Motivasi Intrinsik dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 11 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_ILHAM_AKBAR_15031107_3393_2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan. Pendidikan tidak terlepas dari kegiatan belajar dan mengajar. Masalah yang sering dihadapi dalam pembelajaran adalah rendahnya hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik adalah motivasi intrinsik dan gaya belajar. Motivasi intrinsik adalah suatu dorongan yang ada didalam diri seseorang untuk mencapai hasil belajar yang diinginkan. Gaya belajar adalah cara yang disukai peserta didik dalam menerima dan mengelola informasi secara efektif dan efesien Hasil observasi di SMPN 11 Padang menunjukkan bahwa motivasi intrinsik peserta didik pada mata pelajaran IPA masih tergolong rendah, dan siswa tidak mengetahui gaya belajar yang tepat untuk mencapai hasil belajar yang diinginkan. Hal ini terlihat dari aktifitas belajar peserta didik dikelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara motivasi intrinsik dan gaya belajar dengan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII di SMPN 11 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasi yang telah dilakukan pada bulan Mei di kelas VIII SMPN 11 Padang. Sampel berjumlah 32 orang peserta didik yang berada dalam satu kelas. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling, dengan cara mengundi satu kelas yaitu Kelas VIII D. Instrumen penelitian menggunakan angket motivasi intrinsik dan gaya bealajar. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan korelasi Spearman-rank kemudian dilakukan uji t untuk mengetahui hubungannya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hubungan positif antara motivasi intrinsik dengan hasil belajar peserta didik dengan korelasi 0,22, terdapat hubungan positif antara gaya belajar dengan hasil belajar peserta didik dengan korelasi 0,34 sampai dengan 0,43, terdapat hubungan yang berlawanan arah antara motivasi intrinsik dengan gaya belajar peserta didik dengan korelasi -0,01 sampai dengan -0,07 dan terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi intrinsik dan gaya belajar dengan hasil belajar peserta didik dengan korelasi 0,38 sampai dengan 0,51.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSumarmin, RamadhanUNSPECIFIED
CorrectorArmen, ArmenUNSPECIFIED
CorrectorSelaras, Ganda HijrahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Motivasi Intrinsik, Gaya Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 27 Aug 2024 08:58
Last Modified: 27 Aug 2024 08:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53590

Actions (login required)

View Item View Item