Putri, Zomi Widya
(2019)
Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMPN 2 Bukittinggi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu tujuan
pembelajaran matematika yang harus dicapai. Namun, kemampuan komunikasi
matematis siswa kelas VII SMPN 2 Bukittinggi belum optimal. Salah satu upaya
untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah dengan
menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 7E. Penelitian ini bertujuan
untuk mendeskripsikan apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang
belajar menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E lebih baik daripada
kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan model
pembelajaran langsung di kelas VII SMPN 2 Bukittinggi.
Penelitian ini adalah penelitian quasy eksperiment dengan rancangan Static
Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2
Bukittinggi tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian adalah kelas VII.8 dan
VII.9. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuis dan tes kemampuan
kemampuan komunikasi matematis. Perkembangan kemampuan komunikasi
matematis dideskripsikan melalui hasil kuis selama penelitian, sedangkan tes
kemampuan komunikasi matematis dianalisis menggunakan uji-t.
Berdasarkan analisis hasil kuis diperoleh perkembangan kemampuan
komunikasi matematis siswa cenderung meningkat selama diterapkan model
pembelajaran Learning Cycle 7E. Pada analisis tes akhir diperoleh P-value =
0,047 kurang dari
05,0
, artinya kemampuan komunikasi matematis siswa
yang belajar menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E lebih baik
daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan
model pembelajaran langsung di kelas VII SMPN 2 Bukittinggi. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 7E memberikan
pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.
Actions (login required)
|
View Item |