Pengaruh Strategi Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas IX SMPN 1 Nan Sabaris Tahun Pelajaran 2018/2019

Sucimuharni, Isma (2019) Pengaruh Strategi Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas IX SMPN 1 Nan Sabaris Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_ISMA_SUCIMUHARNI_1101230_761_2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran matematis merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun, kenyataannya kemampuan penalaran matematis peserta didik masih rendah. Hal ini juga dialami peserta didik kelas IX SMPN 1 Nan Sabaris, salah satu upaya yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran Think, Talk, Write (TTW) dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran TTW lebih baik daripada peserta didik dengan pembelajaran konvensional di kelas IX SMPN 1 Nan Sabaris. Jenis penelitian adalah quasi-eksperiment dengan rancangan Static Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMPN 1 Nan Sabaris Tahun Pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, dimana kelas IX.5 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas IX.7 sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini yaitu tes akhir penalaran matematis. Data nilai tes akhir dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis hasil tes akhir kemampuan penalaran matematis diperoleh P-value = 0,018 kurang dari , artinya kemampuan penalaran matematis peserta didik yang belajar dengan strategi pembelajaran TTW lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas IX SMPN 1 Nan Sabaris. Maka diperoleh kesimpulan bahwa strategi pembelajaran TTW dapat mempengaruhi kemampuan penalaran matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYarman, YarmanUNSPECIFIED
CorrectorMukhni, MukhniUNSPECIFIED
CorrectorNst, Minora LonggomUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Think Talk Write, Penalaran
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 27 Aug 2024 05:03
Last Modified: 27 Aug 2024 05:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53574

Actions (login required)

View Item View Item