Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadapat Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas XI MIA SMA Negeri 3 Padang

Rambe, Hotmana Rezki (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadapat Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas XI MIA SMA Negeri 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_HOTMANA_REZKI_RAMBE_14029031_1908_2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah adalah salah satu tujuan pembelajaran matematika yang diharapkan dimiliki oleh peserta didik dalam proses pembelajaran matematika. Kenyataannya kemampuan pemecahan masalah peserta didik masih rendah. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan peserta didik tidak terbiasa dengan menyelesaikan soal-soal non rutin dan belum terbiasa dengan menggunakan langkah-langkah yang sistematis dalam menyelesaikan masalah.Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik salah satunya adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write. Tujuan penelitian ini yaitu apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih baik dari pada kemampuan pembelajaran konvensional di kelas XI MIA SMAN 3 Padang Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperiment dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA SMAN 3 Padang Tahun Pelajaran 2018/2019. Penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Kelas XI MIA 1 terpilih sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan dari hasil ujian akhir semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil analisis data, dapat dilihat bahwa pada taraf signifikan 0,05 dengan melakukan uji-t diperoleh , karena maka ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih baik daripada pemecahan masalah matematika peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think talk write memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMukhni, MukhniUNSPECIFIED
CorrectorDwina, FitraniUNSPECIFIED
CorrectorIrwan, IrwanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Think Talk Write, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 27 Aug 2024 04:55
Last Modified: 27 Aug 2024 04:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53571

Actions (login required)

View Item View Item