Amanda, Maharani Sovia
(2024)
Pengaruh Media PowerPoint Terhadap Kemampuan Membaca Permulan
di Taman Kanak-Kanak Sabbihisma 4 Kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya kemampuan membaca permulaan anak hal ini dilihat dari sebagian anak belum mampu mengenal simbol-simbol huruf dengan baik, anak mengalami kesulitan dalam membedakan huruf yang sama namun berada pada posisi berbeda, seperti huruf "b", "d" dan "p", media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi dan kurang efektif dalam menarik minat serta memfasilitasi pembelajaran anak. Terdapat beberapa anak yang belum mampu menghubungkan kata dengan gambar atau membaca gambar dengan baik dan media pembelajaran yang kurang efektif dan variatif.
Penelitian ini menggunakan penellitian kuantitatif yang berbentuk quasy Eskperimen. Sampel pada penelitian ini adalah kelas B2 dan B3 yang masing-masing berjumlah 9 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes lisan dan tes perbuatan serta dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan teknik statistik T-test dengan bantuan dari SPSS 23 yang menunjukkan tingkat signifikan <0,05.
Berdasarkan hasil penelitian terhadap kemampuan membaca permulaan di kelas eksperimen lebih berpengaruh dari pada hasil kemampuan membaca permulaan di kelas kontrol. Secara keseluruhan terjadi kenaikan hasil terhadap perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen dengan skor untuk pre-test 152 dan post-test 162. Sedangkan rata-rata kelas eksperimen untuk pre-test sebesar 16,8 dan post-test 18. Selanjutnya pada kelas kontrol mengalami kenaikan hasil skor untuk pre-test 130 dan post-test 139. Sedangkan rata-rata kelas kontrol untuk pre-test sebesar 14, 44 dan post-test 15,44. Hasil pada kedua kelas dari penelitian ini sama-sama meningkat, tetapi kelas eksperimen mengalami kenaikan skor yang lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa media powerpoint berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun hal ini terlihat dari uji hipotesis yang terlihat dari nilai sig (2-tailed) 0,033 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kemampuan membaca permulaan anak di kelas eksperimen dan kelas kontrol, kemudian dapat dirumuskan bahwa terdapat pengaruh media powerpoint efektif digunakan untuk menstrimulasi dan meningkatkan kemampuan membaca permulaan di Taman Kanak-Kanak Sabbihisma 4 Kota Padang.
Actions (login required)
|
View Item |