Hubungan Model Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Mata Pelajaran Sosiologi Materi Penelitian Sosial di SMAN 2 Sumatera Barat

Hidayati, Rini (2024) Hubungan Model Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Mata Pelajaran Sosiologi Materi Penelitian Sosial di SMAN 2 Sumatera Barat. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_RINI_HIDAYATI_21161073_2944_2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik, salah satu faktor penyebabnya yaitu kurang tepat dalam pemilihan model pembelajaran oleh guru. Model pembelajaran yang diterapkan tidak bisa melayani peserta didik sesuai dengan kemampuan dan keunikan dari masing-masing mereka.. Guru selama ini cenderung menerapkan model pembelajaran konvensional, sehingga hanya anak audio yang mendapatkan pelayanan pembelajaran, tidak dengan anak visual yang cenderung mengerti dengan hal visual yang mereka lihat begitu juga dengan dengan anak kinestetik yang cenderung melaksanakan aktivitas banyak gerakan di dalam kelas. Maka model pembelajaran berdiferensiasi hadir untuk mencoba menjawab permasalahan tersebut. Model pembelajran berdiferensiasi merupakan model pembelajaran yang bisa mengoptimalkan dan mengeksplor semua kemampuan, minat,bakat yang ada pada peserta didik serta dijabarkan lebih luas lagi oleh teori Multiple Intelligence oleh Howard Gardner. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu apakah terdapat hubungan model pembelajaran berdiferensiasi dengan hasil belajar peserta didik mata pelajaran sosiologi materi penelitian sosial di SMAN 2 Sumatera Barat. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan penerapan model pembelajaran berdiferensiasi dengan hasil belajar peserta didik mata pelajaran sosiologi materi penelitian sosial di SMAN 2 Sumatera Barat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan tipe penelitian korelasi. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X sebanyak 116 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian yaitu total sampling, semua populasi dijadikan sampel penelitian. Instrument penelitian yaitu angket dan tes dari penilaian ulangan harian peserta didik. Angket diberikan kepada peserta didik melalui google form setelah melalui uji validitas dan reliabilititas. Tes diberikan ketika pemberian materi tentang penelitian sosial telah dilaksanakan, tujuannya untuk melihat seberapa tingkatan hasil belajar peserta didik setelah menerapkan model pembelajaran berdiferensiasi. Analisis data menggunakan korelasi Produk Moment. Hasil penelitian mengukapkan bahwa terdapat hubungan penerapan model pembelajaran berdiferensiasi dengan hasil belajar peserta didik sebesar 0,430 atau 43% dengan tingkat korelasi sedang. Karena F hitung > F tabel Hal ini membuktikan penerapan model pembelajaran berdiferensiasi memiliki hubungan terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran sosiologi, materi penelitian social, siswa kelas X di SMAN 2 Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEriyanti, FitriUNSPECIFIED
CorrectorErianjoni, ErianjoniUNSPECIFIED
CorrectorWirdanengsih, WirdanengsihUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Aug 2024 08:49
Last Modified: 15 Aug 2024 08:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53345

Actions (login required)

View Item View Item