Hidayati, Rini
(2024)
Hubungan Model Pembelajaran Berdiferensiasi dengan
Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Mata Pelajaran Sosiologi Materi
Penelitian Sosial di SMAN 2 Sumatera Barat.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Rendahnya hasil belajar peserta didik, salah satu faktor penyebabnya yaitu
kurang tepat dalam pemilihan model pembelajaran oleh guru. Model
pembelajaran yang diterapkan tidak bisa melayani peserta didik sesuai dengan
kemampuan dan keunikan dari masing-masing mereka.. Guru selama ini
cenderung menerapkan model pembelajaran konvensional, sehingga hanya anak
audio yang mendapatkan pelayanan pembelajaran, tidak dengan anak visual yang
cenderung mengerti dengan hal visual yang mereka lihat begitu juga dengan
dengan anak kinestetik yang cenderung melaksanakan aktivitas banyak gerakan di
dalam kelas. Maka model pembelajaran berdiferensiasi hadir untuk mencoba
menjawab permasalahan tersebut. Model pembelajran berdiferensiasi merupakan
model pembelajaran yang bisa mengoptimalkan dan mengeksplor semua
kemampuan, minat,bakat yang ada pada peserta didik serta dijabarkan lebih luas
lagi oleh teori Multiple Intelligence oleh Howard Gardner. Rumusan masalah dari
penelitian ini yaitu apakah terdapat hubungan model pembelajaran berdiferensiasi
dengan hasil belajar peserta didik mata pelajaran sosiologi materi penelitian sosial
di SMAN 2 Sumatera Barat. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui seberapa besar hubungan penerapan model pembelajaran
berdiferensiasi dengan hasil belajar peserta didik mata pelajaran sosiologi materi
penelitian sosial di SMAN 2 Sumatera Barat. Jenis penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan tipe penelitian korelasi.
Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X sebanyak 116 orang.
Teknik pengambilan sampel penelitian yaitu total sampling, semua populasi
dijadikan sampel penelitian. Instrument penelitian yaitu angket dan tes dari
penilaian ulangan harian peserta didik. Angket diberikan kepada peserta didik
melalui google form setelah melalui uji validitas dan reliabilititas. Tes diberikan
ketika pemberian materi tentang penelitian sosial telah dilaksanakan, tujuannya
untuk melihat seberapa tingkatan hasil belajar peserta didik setelah menerapkan
model pembelajaran berdiferensiasi. Analisis data menggunakan korelasi Produk
Moment.
Hasil penelitian mengukapkan bahwa terdapat hubungan penerapan model
pembelajaran berdiferensiasi dengan hasil belajar peserta didik sebesar 0,430 atau
43% dengan tingkat korelasi sedang. Karena F
hitung
> F
tabel
Hal ini membuktikan
penerapan model pembelajaran berdiferensiasi memiliki hubungan terhadap hasil
belajar peserta didik mata pelajaran sosiologi, materi penelitian social, siswa kelas
X di SMAN 2 Sumatera Barat.
Actions (login required)
|
View Item |