Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran IPS Terpadu untuk Siswa Kelas VIII SMP

Anissi, Rinta Adestya (2024) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran IPS Terpadu untuk Siswa Kelas VIII SMP. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_RINTA_ADESTYA_ANISSI_21155008_2585_2024.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran IPS Terpadu khususnya materi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Kualitas Penduduk di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang dilaksanakan masih terpaku pada bahan ajar pegangan guru dan pegangan siswa. Guru tidak menggunakan lingkungan belajar interaktif yang mengintegrasikan teknologi dan model pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan membuat siswa kurang belajar mandiri dan tidak memahami konsep materi pembelajaran, sehingga siswa akan kurang aktif dan kurang bersemangat dalam belajar. Pengembangan multimedia interaktif berbasis model Problem Based Learning (PBL) menggunakan model ADDIE yang mana mencakup tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Pengembangan multimedia interaktif berbasis PBL ini diuji validitasnya oleh tiga ahli yaitu ahli materi, media, dan bahasa. Pelaksanaan uji praktikalitas dan uji efektivitas di SMPN 22 Padang dengan seorang guru dan 60 siswa untuk melihat keefektifan multimedia interaktif berbasis PBL tersebut. Berdasarkan tahap-tahap pengembangan tersebut dikembangkan multimedia interaktif yang sangat valid dengan hasil validitas materi 87,5%, hasil validitas media 89.9% dan hasil validitas bahasa 100%, dengan rata-rata persentase validitas multimedia interaktif berbasis PBL sebesar 92,46%. Kepraktisan dengan kategori sangat praktis dengan hasil oleh guru sebesar 97,92%, dan hasil oleh siswa sebesar 86,85%. Keefektifan dengan kategori sangat efektif karena terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa sebelum (pre-test) dan setelah (post-test) penggunaan multimedia interaktif ini dalam pembelajaran. Maka dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis model PBL ini dinyatakan berkategori sangat valid, praktis dan efektif bila digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDarmansyah, DarmansyahUNSPECIFIED
CorrectorBentri, AlwenUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, AbnaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Aug 2024 08:49
Last Modified: 15 Aug 2024 08:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53344

Actions (login required)

View Item View Item