Pengaruh Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Bukittinggi

Rahmayani, Muthia (2022) Pengaruh Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_Muthia_Rahmayani_18329203_249_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan kurangnya penggunaan media dan rendahnya nilai siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Bukittinggi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mengetahui proses belajar menggunakan Powtoon 2) untuk mengetahui hasil belajar menggunakan media Powtoon 3) untuk mengetahui pengaruh menggunakan media Powtoon terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 dan VII.2 SMP Negeri 2 Bukittinggi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Adapun data pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji Independent sample TTest. Berdasarkan Berdasarkan hasil penelitin melalui angket 1) penggunaan media Powtoon berada pada rata-rata (Mean) 101.13 sebanyak 35% siswa berada pada kategori cukup. 2) untuk hasil belajar dibuktikan dengan rata-rata 83.26 sebanyak 20% siswa berada pada kategori cukup. 3) Terdapat pengaruh media powtoon dengan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bukittinggi dibuktikan dengan uji R square sebesar 0.643 (64.3%) yang menunjukkan adanya pengaruh antara variabel independent dan variabel dependen. Jadi, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara media powtoon dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negerei 2 Bukittinggi. Dengan demikian dapat diartikan bahwa media dalam proses pembelajaran juga mempengaruhi pemahaman siswa sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Dengan media belajar bervariatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karna itu, media powtoon yang bervariatif ini bisa dijadikan sebagai media pembelajaran oleh guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSulaiman, SulaimanUNSPECIFIED
CorrectorAlfurqan, AlfurqanUNSPECIFIED
CorrectorRahman, RiniUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Aug 2024 03:50
Last Modified: 06 Aug 2024 03:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53197

Actions (login required)

View Item View Item