Keterkaitan Antara Hubungan Sosial di Lingkungan Sekolah dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS di SMAN 1 Ampek Angkek Kabupaten Agam

Putri, Indah Karina (2023) Keterkaitan Antara Hubungan Sosial di Lingkungan Sekolah dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS di SMAN 1 Ampek Angkek Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Indah_Karina_Putri_18045013_295_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Keterkaitan hubungan sosial antara siswa dengan siswa di lingkungan sekolah dengan hasil belajar geografi pada siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Ampek Angkek Kabupaten Agam (2) Keterkaitan hubungan sosial antara siswa dengan guru di lingkungan sekolah dengan hasil belajar geografi pada kelas XI IPS di SMAN 1 Ampek Angkek Kabupaten Agam (3) Keterkaitan hubungan sosial antara siswa dengan siswa atau siswa dengan guru di lingkungan sekolah dengan hasil belajar geografi pada siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Ampek Angkek Kabupaten Agam. Metode yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Ampek Angkek Kabupaten Agam dengan penarikan sampel menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data diperoleh dari data hasil pengumpulan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa teknik analisis korelasi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Keterkaitan hubungan sosial antara siswa dengan siswa dengan hasil belajar geografi di SMAN 1 Ampek Angkek Kabupaten Agam terdapat hubungan yang posistif dengan kategori sangat lemah sebesar 0,044369469 (2) Keterkaitan hubungan sosial antara siswa dengan guru di SMAN 1 Ampek Angkek Kabupaten Agam dengan hubungan yang positif dengan kategori sangat lemah sebesar 0,022289085 (3) Keterkaitan hubungan sosial siswa dengan hasil belajar geografi di SMAN 1 Ampek Angkek Kabupaten Agam terdapat hubungan yang positif dengan kategori lemah sebesar 0,02978263. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hubungan sosial yang terjadi di lingkungan sekolah bukan menjadi faktor utama yang mempengaruhi hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmanelli, RahmanelliUNSPECIFIED
CorrectorSuasti, YurniUNSPECIFIED
CorrectorAhyuni, AhyuniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Jul 2024 04:54
Last Modified: 29 Jul 2024 04:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53097

Actions (login required)

View Item View Item