Kontribusi Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar Daring terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK Kelas XI di SMAN 7 Solok Selatan

Rahmadian, Rahmadian (2024) Kontribusi Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar Daring terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK Kelas XI di SMAN 7 Solok Selatan. Masters thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B.1_05_RAHMADIAN_1200090_1093_2024.pdf

Download (945kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini tentang hasil belajar siswa pada pelajaran TIK yang belum mencapai KKM, hal ini disebabkan karena lingkungan keluarga dan motivasi belajar siswa yang kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kontribusi lingkungan keluarga dan motivasi belajar daring terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas XI di SMAN 7 Solok Selatan. Jenis penelitian adalah kuantitatif melalui dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMAN 7 Solok Selatan yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 101 orang siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara proportional random sampling dengan rumus slovin sebesar 81 responden. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuisioner menggunakan Skala Likert, teknik analisis data diantaranya regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Lingkungan keluarga berkontribusi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran layanan TIK di SMAN 7 Solok Selatan sebesar 34,2%, 2) Motivasi belajar berkontribusi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran layanan TIK di SMAN 7 Solok Selatan sebesar 33,6%, dan 3) Lingkungan keluarga dan motivasi belajar berkontribusi bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran layanan TIK di SMAN 7 Solok Selatan sebesar 44,3%. Hasil ini dapat disimpulkan bahwa lingkungan keluarga dan motivasi belajar berkontribusi bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran layanan TIK di SMAN 7 Solok Selatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMaksum, HasanUNSPECIFIED
CorrectorPurwanto, WawanUNSPECIFIED
CorrectorIndrawan, EkoUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:45
Last Modified: 16 Jul 2024 03:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52891

Actions (login required)

View Item View Item