Upaya Meningkatkan Minat Siswa dalam Pembelajaran Tari Melalui Penggunaan Media Youtube di Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis

Selvia, Maini (2023) Upaya Meningkatkan Minat Siswa dalam Pembelajaran Tari Melalui Penggunaan Media Youtube di Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_MAINI_SELVIA_19332007_3555_2024.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan media Youtube dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran Seni Tari di Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan 2 siklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Data dianalisis dengan rumus persentase dan rumus rata-rata. Dalam pelaksanan pembelajaran tari dengan menggunakan media Youtube di kelas XI IPS 3 diperoleh hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat siswa dari siklus I ke siklus II. Data akhir yang diperoleh dari indikator perasaan senang dengan Tingkat Capaian Responden (TCR) 60% tergolong kategori sedang. Indikator perhatian dengan Tingkat Capaian Responden (TCR) 56% tergolong sedang. Indikator Ketetarikan dengan Tingkat Capaian Responden (TCR) 51% tergolong sedang. Indikator keterlibatan dengan Tingkat Capaian Resonden (TCR) 48% tergolong sedang. Dalam pembelajaran teori minat siswa mengalami peningkatan pada siklus II melalui proses pembelajaran menggunakan media Youtube ini dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran tari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsriati, AfifahUNSPECIFIED
CorrectorYuliasma, YuliasmaUNSPECIFIED
CorrectorAstuti, FujiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Jul 2024 05:11
Last Modified: 08 Jul 2024 05:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52765

Actions (login required)

View Item View Item