Harahap, Edho Rahmat
(2024)
Penerapan Customer Relationship Management Pada Sistem Informasi Berbasis Web Wedding Organizer (Studi Kasus Syariah Wedding Organizer).
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Syariah Wedding Organizer adalah sebuah usaha jasa yang bergerak di bidang
pelayanan jasa penyewaan perlengkapan pernikahan yang memiliki banyak
pelanggan. Syariah Wedding Organizer ini memiliki strategi yang baik dalam
menghadapi persaingan bisnis yang cukup ketat serta lebih mengedepankan
pelanggan (customer oriented) dari pada keuntungan semata (profit oriented).
Peneliti melakukan penelitian pada jasa penyewaan perlengkapan pernikahan pada
Syariah Wedding Organizer, pada pengamatan awal yang peneliti lakukan Syariah
Wedding Organizer masih menggunakan sistem secara manual untuk melakukan
pendataan customer dan juga pelayanan serta strategi promosi untuk menarik
perhatian pelanggan. Masalah lainnya yang peneliti temukan adalah kurang
berkembangnya Syariah Wedding Organizer disebabkan oleh sistem pelayanan
seperti pada proses pelayanan pelanggan tidak adanya fasilitas yang membantu
pelanggan untuk menyampaikan saran, kritik, dan pertanyaan mengenai produk
serta tidak adanya fasilitas yang membantu pelanggan untuk mendapatkan
informasi pelayanan seperti adanya promo dan adanya diskon. Perancangan CRM
menggunakan bahasa Pemrogram PHP dan database MySQL. Hasil penelitian ini
adalah implementasi CRM berbasis web yang dapat membantu Syariah Wedding
Organizer mempromosikan produk dan jasa layanannya kepada pelanggan lama
dan baru serta membantu mempermudah pelanggan berkomunikasi dan melakukan
order produk dan layanan Syariah Wedding Organizer.
Actions (login required)
|
View Item |