Pengembangan LKPD Hukum Dasar Kimia Berbasis Model Guided Inquiry Learning untuk Peserta Didik Fase E Kurikulum Merdeka

Yulika, Herpadora (2024) Pengembangan LKPD Hukum Dasar Kimia Berbasis Model Guided Inquiry Learning untuk Peserta Didik Fase E Kurikulum Merdeka. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_HERPADORA_YULIKA_18035065_1220_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemerintah telah berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, salah satunya adalah kurikulum merdeka yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran Hukum Dasar Kimia berbasis Guided Inquiry Learning. Hasil angket yang diberikan kepada peserta didik di SMA N 2 Padang, SMA N 9 Padang dan SMA N 1 Kapur IX ditemukan bahwa pembelajaran kimia pada materi Hukum Dasar Kimia murupakan salah satu materi yang sulit bagi peserta didik. Peserta didik cenderung merasa bosan, jenuh, mengantuk yang diakibatkan oleh pembelajaran yang masih belum menarik bagi peserta didik tersebut sehingga proses pembelajaran berlangsung tidak aktif. Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan produk berupa LKPD Hukum Dasar Kimia Berbasis Model Guided Inquiry Learning Untuk Peserta Didik Fase E Kurikulum Merdeka. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan model pengembangan Plomp, yang terdiri dari 3 tahap, yaitu (1) penelitian awal (preliminary research), (2) tahap pembentukan prototipe (prototyping stage), dan (3) tahap penilaian (assessment phase). Hasil penelitian ini menghasilkan LKPD Hukum Dasar Kimia Berbasis Model Guided Inquiry Learning Untuk Peserta Didik Fase E Kurikulum Merdeka dengan nilai validitas 0,955 dengan kategori valid dan nilai praktikalitas dari guru sebesar 95% dengan kategori sangat praktis dan dari peserta didik sebesar 90% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan penilitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dihasilkan valid dan praktis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHardeli, HardeliUNSPECIFIED
CorrectorKurniawati, DesyUNSPECIFIED
CorrectorZainul, RahadianUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: GUIDED INQUIRY LEARNING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 20 Jun 2024 02:35
Last Modified: 20 Jun 2024 06:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52597

Actions (login required)

View Item View Item