Pengembangan Booklet Berorientasi Pendekatan Kontekstual Tentang Materi Sistem Sirkulasi untuk Kelas XI SMA

Jannah, Miftahul (2024) Pengembangan Booklet Berorientasi Pendekatan Kontekstual Tentang Materi Sistem Sirkulasi untuk Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_MIFTAHUL_JANNAH_18031069_18031069_1505_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran. Salah satu kriteria dalam pemilihan media pembelajaran adalah kesesuaian materi dan karakteristik peserta didik. Hasil observasi didapati bahwa peserta didik sulit memahami materi sismem sirkulasi dikarenakan materi yang terlalu banyak dan bersifat hafalan, serta terdapat istilah yang membingungkan sehingga peserta didik membutuhkan sumber belajar lain sebagai bahan ajar penunjang yang dapat digunakan secara mandiri, dengan kriteria bahan ajar memiliki penjelasan terkait informasi yang sulit dengan penyampaian materi yang singkat, padat, dan jelas, disertai gambar, berukuran kecil, ringan, dan berwarna pada setiap halaman. Peserta didik juga merasa pentingnya penerapan pembelajaran biologi dalam kehidupan sehari-hari namun dalam prosesnya hanya sedikit peserta didik yang menerapkannya. Pengembangan booklet berorientasi pendekatan kontekstual merupakan salah satu upaya mengatasi permasalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk booklet berorientasi pendekatan kontekstual yang memenuhi kriteria valid dan praktis Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D. Model ini terdiri dari 4 tahap yaitu tahap definisi, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Karena keterbatasan waktu, maka peneliti membatasi penelitian ini hingga tahapan ketiga Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket guru dan peserta didik, angket uji validitas dan praktikalitas, teknik analisis data yang digunakan berupa teknik analisis data kuallitatif dan kuantitatif. Penilaian dilakukan oleh dua orang dosen, satu orang guru biologi dan 32 orang peserta didik di SMA Negeri 12 Padang untuk mengetahui respons terhadap booklet yang diberikan. Persentase uji validitas booklet berorientasi pendekatan kontekstual sebesar 90,98% dengan kriteria sangat valid sedangkan persentase uji praktikalitas sebesar 88,73% dengan kriteria sangat praktis. Hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa booklet berorientasi pendekatan kontekstual tentang materi sistem sirkulasi telah memenuhi kriteria dan dapat digunakan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran biologi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFuadiyah, Sa'diatulUNSPECIFIED
CorrectorArdi, ArdiUNSPECIFIED
CorrectorAnggriyani, RiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BOOKLET BERORIENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 14 Jun 2024 07:48
Last Modified: 14 Jun 2024 07:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52536

Actions (login required)

View Item View Item