Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) tentang Virus untuk Fase E SMA

Afriyanti, Dila (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) tentang Virus untuk Fase E SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_DILA_FRIYANTI_19031008_771_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kurikulum merdeka bertujuan untuk menghadapi tantangan abad ke-21 seperti keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Berkaitan dengan pembelajaran biologi, salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan ini adalah melalui LKPD berbasis PBL pada materi pembelajaran termasuk virus. Berdasarkan fakta lapangan di SMAN 1 2x11 Kayu Tanam Fase E LKPD yang ada baru terbatas pada soal-soal essay. Oleh karena itu dilakukanlah upaya pengembangan media pembelajaran LKPD berbasis PBL pada materi virus yang valid dan praktis untuk peserta didik Fase E. Penelitian pengembangan dilakukan dengan menggunakan model Four-D Models yang mencakup pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Adanya keterbatasan waktu dan biaya dalam penyebaran produk maka penelitian hanya dilakukan sampai tahap pengembangan (develop). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket validitas yang berasal dari dua orang dosen biologi FMIPA UNP dan satu orang guru biologi SMAN 1 2x11 Kayu Tanam. Pengumpulan data uji praktikalitas oleh satu orang guru biologi dan 30 orang peserta didik Fase E SMAN 1 2x11 Kayu Tanam. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil uji validitas penilaian LKPD berbasis PBL materi virus memperoleh rata-rata 91,87% dengan kriteria sangat valid, sedangkan untuk hasil uji praktikalitas memperoleh rata-rata 88,42% dengan kriteria sangat praktis. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkannya LKPD berbasis PBL materi virus yang sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdi, ArdiUNSPECIFIED
CorrectorZulyusri, ZulyusriUNSPECIFIED
CorrectorRahmatika, HelsaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Jun 2024 08:56
Last Modified: 12 Jun 2024 08:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52508

Actions (login required)

View Item View Item