Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning tentang Materi Keanekaragaman Hayati untuk Peserta Didik Kelas X Fase E SMA

Putri, Dea Yenita (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning tentang Materi Keanekaragaman Hayati untuk Peserta Didik Kelas X Fase E SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_DEA_YENITA_PUTRI_19031004_454_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurangnya variasi bahan ajar yang digunakan guru tentang materi keanekaragaman hayati membuat peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Peserta didik memerlukan bahan ajar yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir lebih aktif, kreatif dan membangun sikap percaya diri dalam proses pembelajaran. Upaya yang dapat dilakukan yaitu mengembangakan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Discovery Learning tentang materi keanekaragaman hayati. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD berbasis Discovery Learning tentang materi keanekaragaman hayati untuk peserta didik Kelas X Fase E SMA yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4D. Model ini terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Karena keterbatasan waktu, maka peneliti membatasi penelitian ini menjadi tiga tahap, define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket ketersediaan dan penggunaan bahan ajar, angket studi pendahuluan, angket validitas, dan angket praktikalitas pada LKPD berbasis Discovery Learning. Penilaian LKPD berbasis Discovery Learning dilakukan oleh dua orang dosen, satu orang guru Biologi dan 28 orang peserta didik kelas X Fase E di SMA Negeri 1 Palupuh untuk mengetahui respon terhadap LKPD yang diberikan. Hasil uji validitas penilaian LKPD berbasis Discovery Learning sebesar 93,99% dengan kriteria sangat valid sedangkan hasil praktikalitas penilaian LKPD berbasis Discovery Learning sebesar 93,93% dengan kriteria sangat praktis. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Discovery Learning tentang materi keanekaragaman hayati untuk peserta didik Kelas X Fase E SMA telah memenuhi kriteria dan dapat digunakan oleh peserta didik Kelas X Fase E SMA dalam proses pembelajaran Biologi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRistiono, RistionoUNSPECIFIED
CorrectorFajrina, SuciUNSPECIFIED
CorrectorAnggriyani, RiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Jun 2024 08:56
Last Modified: 12 Jun 2024 08:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52507

Actions (login required)

View Item View Item