Evaluasi Penyelenggaraan Belajar dari Rumah melalui Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi Covid 19 di Taman Kanak-Kanak Kota Payakumbuh.

Misrayeti, Misrayeti (2024) Evaluasi Penyelenggaraan Belajar dari Rumah melalui Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi Covid 19 di Taman Kanak-Kanak Kota Payakumbuh. Masters thesis, Pasca Sarjana.

[img]
Preview
Text
7_01_MISRAYETI_18330037_467_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peneliti yang ingin mengevaluasi pembelajaran dari rumah yang dilakukan pada jenjang taman kanak-kanak. Tujuan penelitian ini yaitu 1). Conteks, mengetahui ketepatan tujuan penyelenggaraan kegiatan BDR untuk anak taman kanak-kanak di Kota Payakumbuh. 2). Input, mengetahui pelaksanaan kegiatan BDR di Kota Payakumbuh. 3). Process, mengetahui proses pelaksanaan kegiatan BDR yang dilakukan pada taman kanak-kanak di Kota Payakumbuh. 4). Product, untuk mengetahui tingkat pencapaian perkembangan anak yang dilihat dari aspek agama dan moral, aspek bidang fisik dan motorik, aspek kognitif, aspek bahasa, aspek sosial emosional, aspek seni. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluasi dengan metode survei. Teknik Pengumpulan data untuk data kuantitatif menggunakan angket yang disebar secara online menggunakan google form. Pengujian kuantitatif dilakukan dengan uji One Sampel T-Test. Hasil penelitian diperoleh dari pengujian hipotesis dan didapati kesesuaian hasil uji hipotesis yang menunjukkan Ha diterima dan H0 ditolak serta dinilai dengan 4 komponen evaluasi CIPP yaitu pada komponen context disimpulkan Penyelenggaraan belajar dari rumah di Taman Kanak-kanak Kota Payakumbuh sudah sesuai dengan lingkungan sekitar, latar belakang, dan tujuan dari penyelenggaraan jarak jauh. Pada komponen input, penyelenggaraan belajar dari rumah di Taman Kanak-kanak Kota Payakumbuh sudah terselenggara dengan baik dan didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai. Pada komponen process, penyelenggaraan belajar dari rumah di Taman Kanak-kanak Kota Payakumbuh sudah sesuai dengan aturan yang ditetapkan. Pada komponen product, penyelenggaraan belajar dari rumah di Taman Kanak-kanak Kota Payakumbuh efektif dilakukan karena menunjukkan perubahan pada pembelajaran siswa serta membantu dalam kondisi covid19. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulan bahwa penyelenggaraan belajar dari rumah melalui pembelajaran jarak jauh dapat digunakan untuk mengatasi pembatasan pembelajaran tatap muka dimasa pandemi covid19.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMahyuddin, NennyUNSPECIFIED
CorrectorSuryana, DadanUNSPECIFIED
CorrectorNurhafizah, NurhafizahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BELAJAR, PANDEMI COVID 19, PEMBELAJARAN JARAK JAUH
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Jun 2024 02:01
Last Modified: 10 Jun 2024 02:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52409

Actions (login required)

View Item View Item