Perbedaan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI Peminatan dan Lintas Minat pada Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Pariaman

Salsabila, Winda (2024) Perbedaan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI Peminatan dan Lintas Minat pada Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_WINDA_SALSABILA_18045022_2415_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan motivasi belajar peserta didik kelompok peminatan dengan kelompok lintas minat di SMA Negeri 1 Kota Pariaman. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelasi XI di SMA Negeri 1 Pariaman, dengan jumlah sampel penelitian 67 pesrta didik, 31 peserta didik dari kelas peminatan dan 36 peserta didik dari kelas lintas minat. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan anket/ kuisioner dan dokumentasi. Analisis penelitian dilakukan dengan uji t untuk menguji perbedaan motivasi belajar peserta didik progarm peminatan dan lintas minat, setelah dilakukan uji validitas dan reliabelitas dari intrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan motivasi belajar peserta didik antara kelas XI kekompok peminatan dan lintas minat yaitu perbedaan yang ada pada faktor intrinsik pada indikator “Kesenangan dalam belajar” kelompok peminatan mimiliki rata-rata 78,19 sedangkan Lintas minat 81,22, selanjutnya indicator “kebutuhan dalam belajar” kelompok peminatan memiliki rata-rata 80,00 sedangkan lintas minat memiliki rata-rata 83,24, indikator “hasrat keinginan untuk berhasil” kelompok peminatan memiliki rata-rata 79,35 sedangkan kelompok lintas minat memiliki rata-rata 79,54, selanjutnya indikator “harapan atau citacita kelompok peminatan 77,55 dan kelompok lintas minat memiliki ratarata 80,33 untuk indikator “kebiasaan belajar” kelas peminatan memiliki rata-rata 75,05 sedangkan kelas lintas minat memiliki rata-rata 82,04. Serta menjelaskan perbedaan yang terdapat pada faktor ekstrinsik dengan indikator “dorongan dari orang tua” kelompok peminatan memiliki ratarata 76,34 sedangkan kelompok lintas minat memiliki rata-rata 85,56, selanjutnya pada indikator “adanya hadiah/penghargaan kelompok peminatan memiliki rata-rata 72,26 sedangkan kelompok lintas minat memiliki rata-rata 83,89. Selanjutnya “kelompok belajar yang kondusif” kelas peminatan memiliki rata-rata 75,91 sedangkan kelas lintas minat memiliki rata-rata 88,70, dan pada indikator “kegiatan belajat yang menarik” kelompok peminatan memiliki rata-rata 85,81 sedangkan kelompok lintas minat memiliki rata-rata 89,72.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmanelli, RahmanelliUNSPECIFIED
CorrectorSurtani, SurtaniUNSPECIFIED
CorrectorNivio, ReryUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 31 May 2024 06:10
Last Modified: 31 May 2024 06:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52312

Actions (login required)

View Item View Item