Pengaruh Film Animasi Ali Dan Annisa Terhadap Perkembangan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Harapan Bangsa Kecamatan Patamuan

Indah, Wisma (2024) Pengaruh Film Animasi Ali Dan Annisa Terhadap Perkembangan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Harapan Bangsa Kecamatan Patamuan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_WISMA_INDAH_19022050_47.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemandirian anak perlu distimulasi sejak dini agar anak terlatih untuk melakukan hal hal yang sudah bisa dilakukannya sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa kemandirian anak anak belum berkembang dengan baik, karena guru kurang memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan kegiatan kemandirian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh film animasi terhadap perkembangan kemandirian anak. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Penelitian dilaksanakan di Taman Kanak-Kanak Harapan Bangsa Kecamatan Patamuan. Populasi penelitian ini seluruh anak di Taman Kanak-Kanak Harapan Bangsa Kecamatan Patamuan, sedangkan sampelnya adalah kelompok B1 sebagai kelas eksperimen dan kelompok B2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing anak 12 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah tes perbuatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis data, pada kelompok eksperimen hasil rata-rata pre-test 15,7 dan post-test 25,6. Sementara pada kelompok kontrol hasil rata-rata pre-test 13,1 dan hasil post-test 21,1. Data yang dihasilkan berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis nilai sig (2-tailed) nya 0,000<0,05 dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh film animasi ali dan annisa terhadap perkembangan kemandirian anak usia 5-6 tahun di taman kanak-kanak harapan bangsa kecamatan patamuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHartati, SriUNSPECIFIED
CorrectorIsmet, SyahrulUNSPECIFIED
CorrectorMarlina, SerliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Kemandirian Anak Kemandirian Anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 29 May 2024 02:59
Last Modified: 29 May 2024 02:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52251

Actions (login required)

View Item View Item