Variasi Media Pembelajaran Dalam Pengembangan Seni Rupa Anak Pada Sentra Seni Kreativitas Taman Kanak- kanak Pertiwi 1 Kota Padang

Sozy, Takeshi Tiara (2024) Variasi Media Pembelajaran Dalam Pengembangan Seni Rupa Anak Pada Sentra Seni Kreativitas Taman Kanak- kanak Pertiwi 1 Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_TAKESHI_TIARA_SOZY_16022016_2491.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh perlunya variasi media pembelajaran dalam pengembangan seni rupa anak pada sentra seni kreativitas untuk menarik minat anak agar tidak bosan dalam proses pembelajaran. Taman kanak- kanak Pertiwi 1 Kota Padang merupakan sekolah yang tergabung dalam organisasi Indonesia Heritage Foundation (IHF). Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang variasi media pembelajaran dalam pengembangan seni rupa anak pada sentra seni kreativitas Taman Kanak- kanak Pertiwi 1 Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilkukan di TK Pertiwi 1 Kota Padang. Subjek penelitian adalah anak- anak kelas A TK Pertiwi 1 Kota Padang. Informan penelitian adalah kepala sekolah dan guru sentra TK Pertiwi 1 Kota Padang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, doumentasi. Adapun teknik analisis data mengikuti langkah Miles dan Huberman yaitu 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, 4) verifikasi. Sedangkan teknik pengabsahan data berupa teknik triangulasi. Hasil secara umum menunjukkan bahwa variasi media pembelajaran dalam pengembangan seni rupa anak pada sentra seni di TK Pertiwi 1 Kota Padang sudah terlaksana dengan baik, berdasarkan analisis berpedoman pada modul Indonesia Heritage Foundation (IHF), RPPM dan RPPH. Kegiatan yang dilakukan setiap harinya sudah dijalankan sesuai dengan yang telah direncanakan, kegiatan yang dilakukan tersebut seperti mengelompokkan tiga musim, menggambar dan mewarnai pantai, mewarnai payung, kolase hujan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variasi media pembelajaran dapat mengembangkan seni rupa anak pada sentra seni kreativitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHartati, SriUNSPECIFIED
CorrectorSyofriend, YulUNSPECIFIED
CorrectorWirman, AsdiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Pengembangan Seni Sentra Seni Kreativitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 29 May 2024 02:58
Last Modified: 29 May 2024 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52249

Actions (login required)

View Item View Item