Pengaruh Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas X E di SMA Negeri 1 Suliki Kabupaten Limapuluh Kota

Ningsih, Anggun Tiara (2024) Pengaruh Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas X E di SMA Negeri 1 Suliki Kabupaten Limapuluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_ANGGUN_TIARA_NINGSIH_19045057_304_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X E 4 dan E 5 di SMA Negeri 1 Suliki Kabupaten Limapuluh Kota. Metode penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain quasi experimental design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas X yang terdaftar pada TP 2022/2023 di SMA Negeri 1 Suliki Kabupaten Limapuluh Kota. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan korelasioanal. Hasil analisis try out instrumen tes uji validitas peserta= N-30 dengan taraf signifikan 5% di dapat rtabel =0,396 , jadi item soal dikatakan valid rhitung >rtabel, hasil koefisien 20 butir soal diperoleh rhitung=0,902. Hasil uji normalitas tahap awal didapat Asiymp.Sig (2-tailed) = 0,094 > 0.05 dan didapat Asiymp.Sig (2-tailed) = 0,069 > 0.05 uji Levene test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji homogenitas pre_test kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,294 > 0,05. Hasil data tahap akhir setelah dilakukan perhitungan didapat Asiymp.Sig (2-tailed) = 0,051 > 0.05 dan didapat Asiymp.Sig (2-tailed) = 0,067 > 0.05 uji Levene test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dan uji homogenitas adalah sebesar 0,100, 0,100 > 0,05. Hasil dari penelitian ini menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima berarti “ada pengaruh metode contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi” dilihat dari nilai Thitung sebesar = 4,126 sedangkan Ttabel sebesar =2,048 dengan taraf signifikan α 0,05 dan n = 30 – 1 = 29. Berdasarkan pengambilan keputusan di atas maka nilai Thitung=4,126>2,048 Ttabel. Karena nilai koefisien regresi bernilai positif (+) yaitu 0,386 maka dapat dikatakan bahwa metode contextual teaching and learning (X) berpengaruh positif terhadap hasil belajar (Y).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmanelli, RahmanelliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 28 May 2024 03:47
Last Modified: 28 May 2024 03:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52222

Actions (login required)

View Item View Item