Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK di Kelas VIII SMP

Zulfi, Difa Adani (2024) Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK di Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_DIFA_ADANI_ZULFI_19004007_3198.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pengembangan media video pembelajaran dilatar belakangi rendahnya hasil belajar peserta didik karena permasalahan pembelajaran yaitu kurangnya media pembelajaran berbasis digital yang digunakan saat belajar. Media pembelajaran yang selama ini digunakan adalah media konvensional seperti buku teks dan LKS. Media ini belum dapat membantu mengatasi masalah pembelajaran dan seringkali menimbulkan kejenuhan bagi peserta didik. Untuk mengatasi masalah tersebut, dikembangkan media video pembelajaran untuk membantu pelaksanaan pembelajaran yang lebih menarik. Media video pembelajaran pada mata pelajaran Bimbingan TIK di SMP Negeri 22 Kota Padang merupakan suatu upaya baru dalam mengkreasikan sumber belajar yang dapat menunjang proses pembelajaran peserta didik. Dengan adanya media video pembelajaran ini peserta didik dapat belajar secara mandiri dirumah maupun disekolah. Penelitian pengembangan media video pembelajaran ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran yang berkualitas yang telah melalui uji kelayakan produk berdasarkan penilaian dari validator materi, validator media dan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research & Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D. Model pengembangan ini terdiri dari empat tahapan yang pertama define (pendefenisian) ,yang kedua design (desain), yang ketiga development (pengembangan) dan yang keempat disseminate (penyebaran). Uji validator media dilakukan oleh tiga orang validator yang terdiri dari dua orang validator ahli media dan satu orang validator ahli materi. Uji praktikalitas dilakukan kepada peserta didik SMP Negeri 22 Kota Padang sebanyak 32 orang siswa kelas VIII untuk menguji kepraktisan produk video pembelajaran yang dirancang dengan aplikasi pengolah video Adobe Premiere Pro. Berdasarkan hasil penilaian dari validator media dan validator materi diperoleh hasil validasi materi dengan rata-rata sebesar 4,8 dikategorikan “sangat valid”, hasil validasi dari validator media 1 diperoleh rata-rata sebesar 4,9 dikategorikan “sangat valid” dan validator media 2 diperoleh rata-rata sebesar 4,7 dikategorikan “sangat valid” sehingga layak untuk digunakan. Selanjutnya, hasil uji coba praktikalitas produk yang dilakukan berada pada kategori “sangat praktis” untuk digunakan dengan rata-rata nilai 4,4. Berdasarkan hasil uji validitas dan praktikalitas dapat disimpulkan bahwa produk video pembelajaran telah siap dikembangkan dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran dikelas maupun proses pembelajaran secara mandiri pada mata pelajaran bimbingan TIK yang dapat diakses secara online melalui channel YouTube dan dapat juga diakses secara offline dengan cara diunduh terlebih dahulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBentri, AlwenUNSPECIFIED
CorrectorEldarni, EldarniUNSPECIFIED
CorrectorYusri, Meldi Ade KurniaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 28 May 2024 03:09
Last Modified: 28 May 2024 03:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52216

Actions (login required)

View Item View Item