Pengaruh Pendekatan PMR terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 42 Padang

Nurhasanah, Nurhasanah (2024) Pengaruh Pendekatan PMR terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 42 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Nurhasanah_19029038_1829_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar menunjukkan hasil yang dicapai oleh peserta didik berkat adanya usaha dan pikiran yang maksimal dalam mengikuti proses pembelajaran. Namun hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 42 Padang masih tergolong rendah. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan pendekatan PMR. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perkembangan hasil belajar matematika peserta didik selama diterapkan pendekatan PMR di kelas VIII 2 SMP Negeri 42 Padang, dan untuk menganalisis apakah hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan pendekatan PMR lebih baik daripada hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 42 Padang. Jenis penelitian ini adalah quasy-eksperiment dengan rancangan penelitian nonequivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 42 Padang Tahun Ajaran 2023/2024. Teknik yang digunakan untuk penarikan sampel adalah Simple Random Sampling, sehingga diperoleh kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kuis dan tes hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil analisis data kuis peserta didik menunjukkan perkembangan hasil belajar matematika yang baik menggunakan pendekatan PMR. Hasil tes akhir dianalisis menggunakan uji t dan taraf nyata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
CorrectorYarman, YarmanUNSPECIFIED
CorrectorMukhni, MukhniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 May 2024 04:50
Last Modified: 27 May 2024 04:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52194

Actions (login required)

View Item View Item