Peningkatan Hasil Belajar Volume Bangun Ruang serta Hubungan Pangkat Tiga dan Akar Pangkat Tiga menggunakan Model Discovery Learning di Kelas V SD Negeri 13 Tanjung Beringin Kabupaten Pasaman.

Crysna, Tia Mopidamayang Apmefi (2024) Peningkatan Hasil Belajar Volume Bangun Ruang serta Hubungan Pangkat Tiga dan Akar Pangkat Tiga menggunakan Model Discovery Learning di Kelas V SD Negeri 13 Tanjung Beringin Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_6_TIO_MOPIDAMAYANG_APMEFI_CRYSNA_19129295_1498_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang berdampak pada hasil belajar peserta didik. Aspek peserta didik, permasalahannya adalah peserta didik kurang aktif dalam belajar serta kurangnya rasa ingin tahu dalam menemukan konsep materi. Sedangkan pada aspek guru, permasalahannya adalah guru belum memberikan stimulus sehingga keaktifan belajar peserta didik dalam menemukan informasi belum terangsang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran volume bangun ruang serta hubungan pangkat tiga dan akar pangkat tiga menggunakan model Discovery Learning di Kelas V SD Negeri 13 Tanjung Beringin Kabupaten Pasaman. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dengan 2 pertemuan dan siklus II dengan 1 pertemuan. Disetiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SD Negeri 13 Tanjung Beringin Kabupaten Pasaman dengan jumlah 24 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) RPP siklus I pertemuan 1 86,36% (B), siklus I pertemuan 2 90,90% (B) dengan rata-rata 88,63% (B) dan siklus II 95,45% (SB), b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I pertemuan 1 75% (C), siklus I pertemuan 2 87,5% (B) dengan rata-rata 78,12% (C) dan siklus II 93,75% (SB), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I pertemuan 1 75% (C), siklus I pertemuan 2 81,25% (B) dengan rata-rata 78,12% (C) dan siklus II 90,62% (SB), c) Penilaian terhadap peserta didik dalam peningkatan hasil belajar pada siklus I pertemuan 1 62,09% (D) siklus I pertemuan 2 74,14% (C) dengan rata-rata 68,11 (D) dan siklus II dengan rata-rata 80,95% (B). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran volume bangun ruang serta hubungan pangkat tiga dan akar pangkat tiga di kelas V.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorMasniladevi, MasniladeviUNSPECIFIED
CorrectorAriani, YeniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, VOLUME BANGUN RUANG, DISCOVERY LEARNING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 21 May 2024 07:18
Last Modified: 21 May 2024 07:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52128

Actions (login required)

View Item View Item