Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperatif Tipe Numbered Head Together Di Kelas III SDN 02 Campago Guguak Bulek Kota Bukittinggi

Putri, Zahara (2024) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperatif Tipe Numbered Head Together Di Kelas III SDN 02 Campago Guguak Bulek Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_ZAHARA_PUTRI_19129183_2566.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas permasalahan rendahnya hasil belajar peserta didik yang disebabkan oleh guru kurang optimal menggunakan model pembelajaran yang inovatif, sehingga peserta didik belajar secara optimal di dalam kelas. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Cooperative Learning tipe Numbered head Together Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitiannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi empat tahap prosedur penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dalam penelitian ini terdiri dari dua yaitu : data kualitatif dan data kuantitatif, sementara sumber data dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran tematik terpadu menggunakan penerapan model Cooperative Learning tipe Numbered head Together. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil : Penilaian RPP siklus I rata-rata 83.33% (Baik), dan pada siklus II meningkat dengan rata-rata 94,44% (Sangat Baik). Penilaian aspek guru siklus I adalah 84.38% (Baik), dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 96.75% (Sangat Baik). Penilaian aspek peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 84.38% (Baik), meningkat pada siklus II dengan rata-rata 96.75% (Sangat Baik). Hasil belajar peserta didik dan pada siklus I adalah 78.4 (Cukup) dan meningkat pada siklus II yaitu diperoleh nilai rata-rata 90.9 (Baik). Maka dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Learning tipe Numbered head Together dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III SD Negeri 02 Campago Guguak Bulek

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuardi, ZuardiUNSPECIFIED
CorrectorFarida, FaridaUNSPECIFIED
CorrectorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa Tematik Terpadu Cooperatif Tipe Numbered Head Together
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 21 May 2024 02:02
Last Modified: 21 May 2024 02:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52094

Actions (login required)

View Item View Item