Pengembangan Infografis Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Pada Materi Kerajaan Islam Untuk SMA

Putri, Afni Rahmania (2024) Pengembangan Infografis Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Pada Materi Kerajaan Islam Untuk SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_AFNI_RAHMANAI_PUTRI_20046035_1444_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pembelajaran sejarah di SMA Muhammadiyah 1 Padang yang belum menggunakan media yang relevan dan interaktif dalam pembelajaran sejarah secara optimal. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan infografis interaktif sebagai media pembelajaran sejarah pada materi kerajaan Islam untuk SMA (2) Menganalisis kelayakan infografis interaktif sebagai media pembelajaran sejarah pada materi kerajaan Islam untuk SMA (3) Menganalisis kepraktisan infografis interaktif sebagai media pembelajaran sejarah pada materi kerajaan Islam untuk SMA. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Instrument pengumpulan data yang digunakan berupa teknik observasi, wawancara, dan angket. Uji kelayakan infografis interaktif (validasi produk) dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Sedangkan uji praktikalitas dilakukan oleh guru mata pelajaran sejarah dan peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 1 Padang. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Proses pengembangan dimulai dengan tahap analisis dengan menganalisis permasalahan, sumber daya, peserta didik, sekolah, sarana dan prasarana, kurikulum, CP dan TP,kemudian tahap perancangan dimulai dengan pengumpulan sumber dan konten materi dilanjutkan dengan perancangan desain pada canva dan genially, kemudian tahap pengembangan dilakukan uji validitas oleh ahli materi dan ahli media, dan tahap implementasi dengan melakukan uji praktikalitas pada guru dan peserta didik SMA Muhammadiyah 1 Padang, (2) kelayakan infografis interaktif secara garis besar berada pada kategori sangat layak dengan memperoleh skor ahli materi 3.75, sedangkan ahli media memperoleh skor3.28, (3) praktikalitas infografis interaktif secara keseluruhan berada pada kategori sangat praktis dengan memperoleh skor praktikalitas guru 3.82, sedangkan praktikalitas peserta didik memperoleh skor 3.70. Dapat disimpulkan bahwa media infografis interaktif dengan materi Kerajaan Islam di Indonesia, layak dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHastuti, HeraUNSPECIFIED
CorrectorAisiah, AisiahUNSPECIFIED
CorrectorYefterson, Ridho BayuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN INFOGRAFIS INTERAKTIF
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 20 May 2024 08:16
Last Modified: 20 May 2024 08:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52085

Actions (login required)

View Item View Item