Peningkatan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Everyone is Teacher Here di Kelas V SDN 09 Manggis Ganting Kota Bukittinggi

Dwitiya, Ezra (2024) Peningkatan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Everyone is Teacher Here di Kelas V SDN 09 Manggis Ganting Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_EZRA_DWITIYA_18129172_2958.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah guru dalam proses pembelajarannya masih menggunakan metode ceramah, sehingga pembelajaran cenderung monoton, dan sebagian siswa masih terlihat pasif serta keberanian peserta didik berbicara untuk mengemukakan pendapat masih kurang terlihat dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik menggunakan model everyone is teacher here . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian ini mengikuti prosedur yang berlaku dalam penelitian tindakan kelas yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dilaksanakan dalam dua siklus, dimana siklus I terdiri dari 2x pertemuan dan siklus II terdiri dari 1x pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik Kelas V SDN 09 Manggis Ganting Kota Bukittinggi yang berjumlah 25 orang terdiri dari 12 laki- laki dan 13 orang perempuan. Data dari penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, proses pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen analisis, lembar observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I dengan rata-rata 85% (baik) dan siklus II 95% (sangat baik), b) Aktivitas guru pada pelaksanaan siklus I dengan rata-rata 85% (baik) dan siklus II 92.5% (sangat baik), sedangkan aktivitas peserta didik pada pelaksanaan siklus I dengan rata-rata 86.25% (baik), dan siklus II 92.5% (sangat baik), c) Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 74.85 dan siklus II dengan rata-rata 89,06 . Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model everyone is teacher here dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArwin, ArwinUNSPECIFIED
CorrectorZuardi, ZuardiUNSPECIFIED
CorrectorRahmatina, RahmatinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Tematik Terpadu Everyone is Teacher Here
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 20 May 2024 04:23
Last Modified: 20 May 2024 04:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52059

Actions (login required)

View Item View Item