Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPAS Menggunakan Aplikasi Liveworksheet Model Think Pair Share di Kelas IV Sekolah Dasar

Vauliza, Janet Putri (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPAS Menggunakan Aplikasi Liveworksheet Model Think Pair Share di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_6_JANET_PUTRI_VAULIZA_18129267_629_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Lembar kerja peserta didik yang masih manual dan hanya berpedoman kepada buku cetak yang disediakan oleh sekolah, sehingga terkesan membosan kan dan membuat peserta didik yang kurang aktif dalam proses pembelajaran, dan di dalam proses pembelajaran guru belum menggunakan LKPD IPAS menggunakan aplikasi liveworksheet model Think Pair Sharesehingga peserta didik kurang tertarik dan sulit memahami materi pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD IPAS menggunakan aplikasi liveworksheet model Think Pair Share yang valid dan praktis. Penelitan ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDI. Model pengembangan ADDIE terdiri dari tahap dalam pengembangan, yaitu : analisis (Analysis) perancangan (Design) pengembangan (Development),penerapan (Implementation) dan evaluasi (Evaluation). Pengumpulan data menggunakan data dari lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli bahasa dan lembar validasi ahli media.Angket respon terdiri dari angket respon guru dan angket respon peserta didik.Subjek uji coba produk ini di kelas IV SDN 13 Kampung Kandang dan sekolah penelitian di kelas IV SDN 02 Aro IV Korong Kota Solok. Hasil penelitian pengembangan LKPD yang dikembangkan memperoleh tingkat kevalidan 81,25% untuk Bahasa 76% untuk Media dan 86% untuk Materi dengan kategori valid. Sekolah Penelitian dilakukan di dua sekolah penelitian berbeda yaitu SDN 13 Kampung Kandang dan 02 Aro IV Korong. Hasil angket praktikalitas Respon Guru di SDN 13 Kampung Kandang memperoleh persentase 85% dan hasil praktikalitas respon peserta didik memperoleh persentase 91,8% sedangkan hasil angket praktikalitas di SDN 02 Aro IV Korong memperoleh persentase 88% sedangkan hasil angket respon peserta didik memperoleh persentase 88,75% Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD IPAS menggunakan aplikasi liveworksheet model Think Pair Share (TPS) pada materi wujud zat dan perubahannya di kelas IV SD telah dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErita, YeniUNSPECIFIED
CorrectorRahmatina, RahmatinaUNSPECIFIED
CorrectorMuhammadi, MuhammadiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK, MODEL PEMBELAJARAN, WUJUD ZAT
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 May 2024 00:42
Last Modified: 16 May 2024 00:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51893

Actions (login required)

View Item View Item