Efektivitas Media Keranjang Bilangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Lambang Bilangan 1 Sampai 10 Pada Anak Diskalkulia

Safitri, Sonia (2024) Efektivitas Media Keranjang Bilangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Lambang Bilangan 1 Sampai 10 Pada Anak Diskalkulia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_SONIA_SAFITRI_18003035_1111.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berfokus pada permasalahan siswa diskalkulia yang belum mampu mengidentifikasi lambang bilangan. Sehingga siswa ini perlu diberi media pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi lambang bilangan. Keranjang Bilangan merupakan media pembelajaran yang berbentuk seperti keranjang dan memiliki buah-buah, dan lambang bilangan, sehingga membuat siswa tertarik dalam mengikuti pembelajaran yang tidak monoton. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa keranjang bilangan efektif dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi lambang bilangan 1 sampai 10 pada siswa kelas II SD Negeri 19 Pasar Laban Kota Padang. Metode yang digunakan eksperimen berbentuk SSR (single subject research) dan desain A-B-A.Subjek penelitian siswa kelas II SDN 19 Pasar Laban inisial AF memiliki hambatan pada konsep mengidentifikasi simbol atau lambang bilangan pada pembelajaran matematika. Pengamatan data menggunakan teknik observasi, tes, dokumentasi, checklist. Analisis data penelitian menggunakan visual grafik. Pada kondisi A1 (baseline) dilakukan pengamatan dengan nilai 33%, 33%, 33%, 33%. Saat kondisi B (intervensi) dilakukan pengamatan dengan nilai 66%, 74%, 79%, 88%, 89%, 93%, 93%, 93%. Namun pada kondisi A2 (baseline) dilakukan pengamatan dengan nilai 85%, 85%, 85%, 85%. Berdasarkan dengan hasil analisis data, hasil penelitian membuktikan Keranjang Bilangan efektif dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi lambang bilangan 1-10.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMega, IswariUNSPECIFIED
CorrectorNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
CorrectorElsa, EfrinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Keranjang Bilangan Mengidentifikasi Lambang Bilangan Anak Diskalkulia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 13 May 2024 01:49
Last Modified: 13 May 2024 01:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51818

Actions (login required)

View Item View Item