Hubungan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X di SMAN Se-Kota Padang

Zavira, Noveliani (2023) Hubungan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X di SMAN Se-Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_NOVELIANI_ZAVIRA_19033048_2521_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Aktivitas belajar merupakan keterlibatan peserta didik secara aktif dalam bentuk kegiatan jasmani dan rohani pada proses pembelajaran untuk menunjang keberhasilan proses pembelajaran dan memperoleh manfaat dari kegiatan belajar. Aktivitas belajar berkaitan dengan seseorang yang melakukan proses berpikir tentang suatu ide-ide yang disertai dengan perbuatan ataupun aktivitas fisik. Hasil belajar adalah hasil pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran, baik dalam bentuk prestasi maupun perubahan tingkah laku dan sikap peserta didik yang telah belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Populasi terdiri dari seluruh SMA Negeri di kota Padang peserta didik kelas X Fase E tahun ajaran 2023/2024. Pemilihan sampel menggunakan simple random sampling. Instrumen penelitian berupa lembar pengamatan aktivitas belajar peserta didik dan soal posttest yang berjumlah 20 butir, berbentuk soal pilihan ganda materi pengukuran. Instrumen aktivitas yang digunakan sudah di validasi dan soal posttest yang digunakan juga sudah memenuhi kategori soal valid, reliabel, daya beda, dan indeks kesukaran yang baik. data aktivitas belajar yang telah diperoleh dianalisis persentase setiap sekolah sampel dan data hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan mencari rata-rata nilai peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh tingkat aktivitas belajar peserta didik di SMAN 2 Padang sebesar 41% dengan kategori cukup aktif, SMAN 7 Padang sebesar 39% dengan kategori kurang aktif, dan SMAN 8 Padang sebesar 40% dengan kategori kurang aktif. Tingkat hasil belajar peserta didik di SMAN 2 padang sebesar 59,9% dengan kategori sedang, SMAN 7 Padang sebesar 42,4% dengan kategori rendah, dan SMAN 8 Padang sebesar 43,3% dengan kategori rendah. Hubungan antara aktivitas belajar dengan hasil belajar sebesar 0,89 dengan kategori sangat kuat. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi aktivitas belajar, maka hasil belajar yang diperoleh juga tinggi begitu sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSari, Silvi YuliaUNSPECIFIED
CorrectorHufri, HufriUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, HidayatiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 May 2024 08:36
Last Modified: 02 May 2024 08:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51690

Actions (login required)

View Item View Item