Pengaruh Penggunaan LKS Fisika Bermuatan Literasi Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Fluida pada Kurikulum Merdeka untuk Kelas XI SMA

Lapenia, Marisa (2023) Pengaruh Penggunaan LKS Fisika Bermuatan Literasi Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Fluida pada Kurikulum Merdeka untuk Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_MARISA_LAPENIA_19033165_528_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

LKS fisika yang bermuatan literasi saintifik yang dibuat oleh peneliti terdahulu Efni Zalpita belum sampai pada tahap uji pengaruh terhadap hasil belajar siswa hal ini diperkuat dengan saran dari peneliti tersebut bahwa LKS yang dibuat diharapkan peneliti lain dapat melakukan uji coba pada siswa kelas XI untuk memperoleh nilai keefektifan. LKS dapat digunakan selama proses pembelajaran sehingga dapat membantu siswa memahami konsep fisika. LKS yang digunakan diharapkan mampu merangsang interaksi siswa untuk lebih aktif dan meningkatkan literasi siswa. Penelitian ini menerapkan metode Eksperimen Semu (Quasi Experiment) dengan rancangan desain penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Group Only Design. Penelitian ini membutuhkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen pada pembelajarannya akan menggunakan LKS fisika bermuatan literasi saintifik dan kelas kontrol menggunakan LKS yang biasa digunakan di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan LKS fisika bermuatan literasi saintifik terhadap hasil belajar siswa materi fluida pada kurikulum merdeka. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji hipotesis atau uji-t yang telah dilakukan pada hasil belajar siswa terhadap 2 aspek yaitu aspek pengetahuan dan aspek keterampilan dimana hasil yang didapatkan yaitu t hitung > t tabel sehingga diambil keputusan H 1 diterima dan H 0 ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHidayati, HidayatiUNSPECIFIED
CorrectorDarvina, YenniUNSPECIFIED
CorrectorHidayat, RahmatUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 30 Apr 2024 03:20
Last Modified: 30 Apr 2024 03:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51644

Actions (login required)

View Item View Item