Pengembangan E-Assessment Four Tier Multiple Choice untuk Menilai Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA/MA

Suryati, Maulina (2023) Pengembangan E-Assessment Four Tier Multiple Choice untuk Menilai Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_MAULINA_SURYATI_19033107_2611_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kemampuan literasi sains sangat diperlukan dalam menghadapi abad 21. Kemampuan literasi sains siswa masih tergolong masih rendah, dan belum tersedianya instrumen penilaian elektronik yang secara khusus untuk menilai kemampuan literasi sains termasuk pada materi gelombang bunyi dan cahaya. Karakteristik pembelajaran abad 21 mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran termasuk dalam penilaian. Oleh karena itu, dibutuhkan instrumen elektronik dalam menilai kemampuan literasi sains siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan E-assessment Four Tier Multiple Choice pada materi gelombang bunyi dan cahaya yang valid dan praktis serta butir soal yang valid, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda yang baik untuk menilai kemampuan literasi sains siswa SMA/MA . Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian Pengembangan (Development Research) dengan menggunakan model Plomp. Penelitian dilakukan sampai pada tahap uji coba soal (field test). Pada preliminary research phase, dilakukan wawancara terhadap guru fisika dan kajian literatur. Development phase, dilakukan self evaluation dengan menggunakan lembar self evaluation, validitas oleh tenaga ahli menggunakan lembar validasi, kepraktisan (one to one dan small group) menggunakan lembar kepraktisan. Assessment phase dilakukan uji coba eassessment yang sudah valid dan praktis kepada siswa. Teknik analisis data untuk self evaluation menggunakan rumus persentase, validasi instrumen dan produk menggunakan V Aiken, kepraktisan produk menggunakan rumus persentase, dan validitas butir soal menggunakan rumus Alpha, reliabilitas dengan rumus korelasi product moment, tingkat kesukaran dan daya beda dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistics dan Microsoft excel. Berdasarkan preliminary research diperoleh permasalahan literasi sains yang rendah, guru jarang melakukan penilaian literasi sains dan tidak tersedianya e-assessment untuk menilai literasi sains di sekolah. Pada Develop or Prototyping Phase telah didesain e-assessment four tier multiple choice pada materi gelombang bunyi dan cahaya. Hasil self-evaluation diperoleh dengan kriteria baik dan direvisi. Hasil expert review, nilai validitas rata-rata sebesar 0.94 dikategorikan sangat valid dan dilakukan revisi. Nilai praktikalitas pada tahap one to one sebesar 73% dengan kategori kuat dan pada tahap small group sebesar 90% dengan kategori sangat kuat. Hasil pada assessment phase, didapatkan nilai validitas butir soal dikategorikan valid dengan nilai r hitung >0.325, butir soal dengan kategori reliabilitas dengan nilai rata-rata 0.713 dikategorikan tinggi, untuk tingkat kesukaran soal dalam kategori sedang dan daya beda yang baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa e-assessment four tier multiple choice untuk menilai kemampuan literasi sains siswa valid dan sangat praktis serta butir soal dikategorikan layak digunakan untuk menilai kemampuan literasi sains pada materi gelombang bunyi dan cahaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMufit, FatniUNSPECIFIED
CorrectorAsrizal, AsrizalUNSPECIFIED
CorrectorSundari, Putri DwiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 30 Apr 2024 03:20
Last Modified: 30 Apr 2024 03:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51643

Actions (login required)

View Item View Item